Polres Pessel Tanam 3000 Pohon Mangrove Untuk Cegah Abrasi Pantai

AKBP Cepi Noval saat menanam mangrove.
AKBP Cepi Noval saat menanam mangrove.

Pessel, Editor.- Ketua KPHP Pessel Mardianto mengapresiasi pelaksanaan penanaman pohon mangrove doleh Kapolres Pessel beserta jajaran Polres Pessel. Karena dengan penanaman mangrove berarti Polri ikut menjaga ekosistem lingkungan.

Polres Pesisir Selatan melakukan penanaman Mangrove bersama Forkopimda Pessel, Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Produksi ( KPHP), Pesisir Selatan, di lokasi Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Jumat (21/2).

Penanaman 3000 pohon mangrove jenis Rhizophora pagi itu, pukul 09.00 Wib, dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Pessel AKBP. Cepi Noval, S.IK, Forkompimda, serta Kepala KPHP Pessel Mardianto. Dan  Ketua Bhayangkari Polres Pessel.

“Seperti diketahui bersama, jika Kabupaten Pessel memiliki pantai yang panjang, positif dalam rangka mencegah abrasi pantai,” ucap Mardianto.

Mudah – mudahan dengan penanaman ini, ekosistem lingkungan seperti kepiting, udang bisa dijagah. Sekaligus membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Kapolres Pessel AKBP. Cepi Noval.S, IK usai melakukan penanaman secara simbolis pohon mangrove, menuturkan, giat ini dalam rangka Polri peduli penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir, di Amping Parak, Kecamatan Sutera, dan umumnya di Pesisir Selatan.

Kata Cepi penanaman pohon Mangrove selain penghijauan dan penahan abrasi juga untuk menjaga ekosistem biota laut. Di lokasi penangkaran penyu Amping Parak, Kecamatan Sutera.

“Ini adalah salah satu bentuk kepeduluan Polri tentang penghijauan juga merupakan program Kapolri, melalui Kapolda Sumbar. Kita laksanakan penanaman pohon Magrove di seluruh wilayah Indonesia yang berfungsi meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Kepala KPHP Pessel Mardianto, secara simbolis menyerahkan  bibit pohon mangrove kepada Kapolres Pessel. Dalam kesempatan tersebut Kapolres berpesan, agar tanaman Magrove di jaga bersama sama dan penanamannya di lakukan secara berkesinambungan agar tetap terjaga.

“Harus ada tindak lanjut dari masyarakat dan peduli lingkungan tentang kelestarian Mangrove sehingga apa yang di harapkan kita semua tercapai ” harap Kapolres.

Ikut adir penanaman Magrove tersebut  Wakapolres Pessel Kompol Taufik Isra, Kabag, Kasat, Kapolsek, Camat, Wali Nagari. Serta ikut menyaksikan penanaman 3000 pohon mangrove pelajar SMA dan Sekolah Dasar ( SD).

Selain melakukan penanaman mangrove, Kapolres Pessel itu melepas dua ekor penyu yang ada di penangkaran penyu Amping Parak  ke laut lepas. ** Findo/Rio

401 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*