PKDP Mubes Ke-6 di Tanah Kelahiranya, Refrizal: Rang Piaman Baralek Gadang

Jakarta, Editor.-Musyawarah Besar (Mubes) PKDP Ke-6 yang akan digelar bulan Oktober 2022 mendatang menjadi momen penting Rang Piaman se-tanah air untuk penguatan organisasi PKDP dimasa mendatang.

Hal ini disepakati dengan rapat gabungan DPP PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman) Minggu, (31/7), di Kantor KPI Jakarta, yang telah menetapkan Sumatera Barat untuk menjadi Tuan Rumah pelaksanaan Mubes PKDP Ke-6 tersebut.

Rapat yang dipimpin Ketua Umum DPP PKDP Ir. H. Refrizal itu, dihadiri oleh ketua Dewan Penasehat Prof. Dr. Musril Zahari, MA, wakil Ketua Umum DPP PKDP Irwan Sikumbang SH, MH, wasekjen Dedi El Badri Dewa, SHi, Bendahara Umum Nova Lelyana, SE, Sekretaris SC Pedri Kasman, Ketua OC Muhakam. SH, Ketua DPW PKDP Sumatera Barat Syaharman Zanhar. S.Sos dan segenap pengurus DPP dan utusan DPP IMAPPAR (Ikatan Mahasiswa Piaman Raya) suasana rapat pleno gabungan itu berlansung akrab badunsanak, melahirkan beberapa point penting. Antara lain, selain agenda Mubes Ke-6 PKDP juga dirancang kegiatan yang bernuansa budaya yaitu Rang Piaman Baralek Gadang.

Pada kesempatan itu Ketua Umum DPP PKDP Refrizal yang juga mantan Anggota DPR-RI itu mendengarkan ekspose tentang persiapan OC yang disampaikan Pedri Kasman yang menyatakan bahwa SC telah menyelesaikan tugasnya, “setelah maraton hampir 7 bulan dengan belasan kali pertemuan baik secara online atau offline. Materi Mubes hampir kelar 100 persen,”ucap Pedri lantang bersemangat.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Pusat Mubes PKDP Muhakam juga melaporkan uraian tugasnya. Mulai dari koordinasi dengan Bupati Padang Pariaman, Walikota Pariaman dan pembentukan Panitia Daerah di Sumatera Barat. “Prinsipnya Mubes siap digelar”kata Muhakam.

Ketua DPW PKDP Sumatera Barat, Syaharman Zanhar yang juga diminta melaporkan persiapannya. Ia melaporkan bahwa Mubes Ke-6 PKDP tersebut, akan dipusatkan di IKK Padang Pariaman di komplek Kantor Bupati Padang Pariaman Parit Malintang.

Diperkirakan peserta Mubes akan mencapai 500 orang yang merupakan utusan DPW PKDP dan DPD PKDP se Indonesia.

Selain Mubes sejalan dengan itu, juga akan dilaksanakan Rang Piaman Baralek Gadang dengan 17 rangkaian kegiatan antara lain: Piaman-PKDP EXPO (Pameran Hasil Pembangunan Kabupaten dan Kota Pariaman serta Festival Kuliner Piaman), Lomba Cipta Lagu Mars dan Himne PKDP, Lomba Cipta Logo PKDP, Festival Malamang 2022 Batang Lamang Sipuluik, Cipta Recor MURI. Festival Indang Tradisi Tigo Jorong, Festival Gandang Tasa, Festival Sepak Rago Tradisi, Festival Randai Tradisi, Festival Layang Danguang, Operasi Celah Bibir dan Langit langit, lomba Busana Muslim, Lomba Pidato Adat, Buru Babi dan Buru Tupai, Temu Bisnis- Investor, dengan tema “Peluang, Tantangan dan Kemudahan Investasi di Kab. Padang Pariaman dan Kota Pariaman”.Sosialisasi Bisnis Piaman Store dan sosialisasi Aplikasi Penggarapan Potensi Daerah Kab. Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Beberapa kegiatan menurut Syaharman Zanhar, akan diadakan awal September ini, dan kegiatan ini akan ditebar pelaksanaannya di beberapa titik lokasi di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

“Seluruh Kegiatan Rang Piaman Baralek Gadang ini akan dikerjasaman dengan seluruh DPW se Indonesia dan, pemerintah nagari, Universitas Sumatera Barat, Institut Agama Islam Sumatera Barat dan Pemkab Padang Pariaman dan Pemko Pariaman,”terangnya**Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*