Pimpinan Bank Nagari Cabang Kota Solok. Apresiasi Event Rang Solok Baralek Gadang

Wako H. Zul Elfian, Wawako Ramadhani dan Wagub Audy Joinaldy.
Wako H. Zul Elfian, Wawako Ramadhani dan Wagub Audy Joinaldy.

Kota Solok.Editor .- Event Rang Solok Baralek Gadang menjadi salah satu event yang paling pontensial untuk mempromosikan UMKM dan destinasi wisata yang ada dikota Solok.  Event ini semarak dengan seni dan kebudayaan tradisional daerah, serta  memberikan  kebanggaan karena  menjadi  salah satu event yang tercatat dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).

Hal itu diungkapkan pimpinan Bank Nagari cabang kota Solok, Albert Junaidi. Menurut dia, terdaftarnya Event ini didalam KEN, merupakan salah satu keberhasilan pemerintah kota Solok yang patut  diapresiasi dan didukung bersama, apalagi pegelarannya melibatkan seluruh elemen masyarakat, mulai dari Ninik Mamak, Bundo Kanduang, pemuda, dan tokoh tokoh lainnya yang ada dikota Solok.

Pada pembukaan kegiatan itu, Kamis, 22 September 2022, Albert Junaidi pun berkunjung secara langsung dan menyapa segenap tamu yang ada,. Sebagai bentuk penghormatan, pimpinan Bank Nagari Cabang kota Solok, duduk dideretan kursi paling depan didampingi oleh direktur PDAM kota Solok, Rabbi Lusky.

Turut hadir pada kesempatan itu, wakil gubernur provinsi Sumatera Barat, Dr Ir.Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc,MM, IPM, ASEAN.Eng, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara kegiatan (Event) Kemenparekraf RI, Rizki Handayani, Sub Koordinator Event Wilayah 1A, Joko Suharboyo, walikota Solok, H.Zul Elfian Umar, Wakil walikota Solok, Dr H.Ramashani Kirana Putra, kepala daerah tingkat II lainnya atau yang mewakili, Ketua dan segenap anggota DPRD kota Solok.

Albert Junaidi menyebutkan, pergelaran event ini tergolong meriah dan disaksikan oleh ratusan masyarakat yang berasal dari luar dan dalam daerah. Event ini sangat cocok untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata. Disamping itu, event yang dilaksanakan it, juga sebagai ajang promosi dan kembali mengenalkan serta  melestarikan adat dan tradisi kota Solok.

Disisi lain, event Rang Solok Baralek Gadang juga mempunyai nilai ekonomi dan arti tersendiri bagi masyarakat dan pelaku UMKM, karena event ini juga dijadikan sebagai ajang untuk meraup keuntungan dari dagangan yang mereka jajakan.

“Atas nama segenap keluarga besar Bank Nagari, saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, semoga apa yang menjadi sasaran kegiatan ini tercapai dengan maksimal ” imbuh Albert Junaidi.

Lebih jauh pimpinan Bank Nagari Cabang kota Solok itu menyebutkan, Event Rang Solok Baralek Gadang juga dapat menjadi wadah business pelaku UMKM kota Solok dengan calon mitranya, baik yang datang dari dalam daerah, maupun pengunjung atau tamu dari luar daerah, dan kesempatan itu semakin  terbuka lebar, karena event juga dihadiri oleh lima negara lainnya selain Indonesia.

Pada tahun 2022 ini, Event yang didaftarkan oleh pemerintahan kota dan kabupaten se Indonesia melalui pemerintah Provinsinya masing masing, berjumlah 319 Event. Dan setelah dikurasi berdasarkan aspek penilaian yang ditetapkan, Kemenparekraf RI menilai,  event yang memenuhi persyaratan sebanyak 110 yang terdiri atas 10 Topten dan 100 KEN. Dari jumlah yang ada, salah satunya event Rang Solok Baralek Gadang.  Event yang sesuai dengan aspek penilaian itu, diumumkan lansung oleh Menparekraf RI, Sandiaga Uno pada 1 Maret 2022 lalu.** Gia

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*