Pilkada, Uang dan Kepala Daerah

Jasyanto Sahoer Mantan Kadit Humas LAPAN.
Jasyanto Sahoer Mantan Kadit Humas LAPAN.

PRESS RELEASE
Nomor : 001/PR-745//IV/2024

Editor.- Pilkada serentak tinggal 7 bulan lagi , waktu mendaftar ke Partai yang akan mengusung Paslon Kepala Daerah di seluruh wilayah  di Indonesia ,mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Kota seluruh Indonesia akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024.

Dalam konteks Pilkada yang akan datang di Kota Sawahlunto, kepala daerah memainkan peran yang sangat penting. Kota yang dahulu dikenal sebagai pusat tambang batu bara kini telah bertransformasi menjadi kota wisata tua yang kaya akan warisan budaya Belanda dan Multi-etnik. Namun, di balik pesona sejarahnya, tantangan-tantangan modern menghadang dalam menjalani proses pemilihan kepala daerah.

Dengan populasi yang mencapai lebih dari 66.962 jiwa pada tahun 2021, Kota Sawahlunto memiliki potensi besar untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sumatera Barat. Namun, di tengah persaingan politik yang semakin sengit, uang sering kali menjadi faktor penentu dalam meraih kursi kepala daerah. Calon-calon yang memiliki akses terhadap sumber daya finansial yang cukup kuat cenderung memiliki keunggulan dalam memenangkan dukungan dan suara.

Tidak hanya itu, peran kepala daerah yang akan dipilih juga menjadi sorotan utama. Masyarakat mengharapkan pemimpin yang mampu mengelola potensi wisata dan budaya dengan baik, serta membawa pembangunan yang merata dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat. Di sisi lain, tekanan dari berbagai pihak, termasuk kelompok-kelompok kepentingan dan korporasi, dapat memengaruhi agenda dan keputusan kepala daerah terpilih.

Dalam menghadapi Pilkada yang mendatang, penting bagi warga Kota Sawahlunto untuk memilih pemimpin yang tidak hanya berintegritas dan kompeten, tetapi juga memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. Peran uang dalam politik  saat ini adalah merupakan hal yang tidak bisa dihindari, namun keputusan akhir tetap berada di tangan masyarakat. Dengan mengutamakan kepentingan bersama dan memilih secara bijaksana, Kota Sawahlunto dapat terus berkembang sebagai destinasi wisata yang berbudaya dan inklusif bagi semua.

Ir. H. Jasyanto, MM, salah satu perantau yang peduli pada pembangunan kota Sawahlunto di masa yang akan datang, berniat untuk turut serta dalam pemilihan kepala daerah kota Sawahlunto  tahun 2024 ini dengan spirit yang kuat untuk memajukan kehidupan masyarakat kota Sawahlunto, dengan niat karena Allah SWT semata, sebagai kegiatan ibadah dalam pilkada yang bersih dari politik uang, mulai dari politik tanpa mahar dari partai pendukung, politik uang kepada para pemilih dan kampanye pilkada yang selama ini sarat biaya besar.

Atas niat   untuk beribadah kepada masyarakat, dengan membangun kehidupan menuju masyarakat sejahtera, adil dan makmur sesuai cita-cita proklamasi, Jasyanto bertekad untuk maju dalam Pilkada Sawahlunto dan dibuktikan dengan kesiapannya mundur sebagai ASN BRIN sebagai Pranata Humas Ahli Madya BRIN 2021-sekarang dan Penugasan sebagai Koordinator Pelayanan Publik dan PPID BRIN 2021-sekarang yang sudah banyak membawa hasil capaian prestasi pelayanan publik BRIN yang baru berumur 3 tahun sehingga diberikan penghargaan sebagai Pegawai Berkinerja Tinggi tahun 2023, menunjukkan Jasyanto  sangat peduli pada Kota Baro ini , Jasyanto  melihat kondisi kota yang kian suram dan redup, ikon tulisan Sawahlunto yang berada di Puncak Polan tidak lagi bercahaya , pertokoan dan perkantoran seputar pasar remaja terlihat kusam dan lampu penerangan jalan antara kota Sawahlunto menuju Muaro Kelaban banyak yang tidak lagi menerangi, perlu dilakukan perbaikan. Padahal dulu kota Sawahlunto kalau pada malam hari bakilau bak intan , sangat indah.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Sawahlunto Kota (IKSK) 2019-2023, ini juga sudah mempunyai gagasan untuk mewujudkan Sawahlunto BERSERI”yang siap untuk dipaparkan di hadapan Partai Politik yang meminangnya untuk diusung sebagai BARO 1 periode 2024-2029 dengan spirit ‘no. mahar kepada partai pengusung , no politik uang kepada calon pemilih dan akan melakukan kampanye yang efektif dan efisien, sesuai dengan semangat perubahan menuju Pilkada yang bersih, jujur dan adil bersih dari Money politik, Dengan cara demikian Jasyanto berkeyakinan, kepala daerah dapat memimpin untuk memajukan daerahnya tanpa berpikir untuk korupsi akibat telah banyak mengeluarkan biaya agar terpilih menjadi Kepala Daerah.

Selain aktif dalam organisasi IKSK, Jasyanto juga aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya , antara lain :

  1. Ketua Bidang hubungan Masyarkat dan Kepemudaan Forum Alumni Mahasiswa Minang (FAMM) Periode 2023-2027.
  2. Ketua Bidang Infokom Gebu Minang Periode 2022-2027
  3. Ketua Umum Perkumpulan Alumni Permato (ALTO) 2019-2022
  4. Bendahara Umum BAKOR MINANG/BK3AM 2019-2024
  5. Dewan Penasehat Perkumpulan Alumni Permato (ALTO) 2022-2025
  6. Ketua Dewan Pengawas Koperasi Rangkiang Global Sejahtera (RGS) 2017-2026
  7. Anggota Dewan Penyantun FAMM 2016-2020
  8. Wakil Sekjen Gebu Minang Periode 2016-2021
  9. Sekretaris Umum BAKOR Induk Keluarga Sawahlunto Jakarta dan Sekitarnya (IKSJ) 2016-2021
  10. Dewan Penasehat BAKOR Induk Keluarga Sawahlunto Jakarta dan Sekitarnya (IKSJ) 2021-2026
  11. Pemimpin Redaksi Jurnal LAPAN 2013-1017
  12. Wakil Ketua Panitia Komurindo-Kombat 2015-2020
  13. Wakil Ketua Umum IV Bidang Diklat dan Pemuda BK3AM 2014-2019
  14. Sekretaris Korpri LAPAN 2018-2023
  15. Auditor Sertifikasi ISO 9001
  16. Dosen Praktisi TE Unsri 2021-sekarang
  17. Pakar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Dengan pengalaman di berbagai organisasi tersebut dan niat yang kuat untuk beribadah memajukan kehidupan masyarakat Sawahlunto, dengan spirit perubahan untuk pilkada yang bersih , jujur dan adil, Jasyanto akan bekerja sungguh-sungguh dalam memimpin kota Sawahlunto untuk 5 tahun ke depan, dengan pemberdayaan Komunitas Kreatif Lokal dapat mengembangkan program yang mendukung pertumbuhan komunitas seniman, pengrajin, dan pelaku kreatif lokal. Dukungan dapat berupa penyediaan ruang kerja bersama, pelatihan keterampilan, serta promosi hasil karya mereka baik secara lokal maupun internasional. Menyelenggarakan program-program pendidikan dan pelatihan kreatif untuk anak-anak dan remaja. Hal ini mencakup pembelajaran tentang seni, desain, teknologi, dan keterampilan kreatif lainnya yang dapat meningkatkan daya kreasi dan inovasi mereka. Mendorong pertumbuhan industri kreatif lokal dengan memberikan dukungan kepada pelaku usaha kreatif, seperti perusahaan desain, studio produksi, dan perusahaan teknologi kreatif. Ini dapat dilakukan melalui penyediaan fasilitas, akses ke modal, dan promosi produk-produk kreatif lokal. Menjadi tuan rumah berbagai acara dan festival kreatif dan budaya, seperti pameran seni, konser musik, pertunjukan teater, dan workshop kreatif. Ini tidak hanya akan meningkatkan citra kota sebagai destinasi kreatif, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan budaya di antara masyarakat.

Disamping pengalaman organisasi dari sisi pengalaman kerja Jasyanto ini juga pernah menjadi fungsional Perencana di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dan Pejabat Struktural, Supervisor Produksi pada PT. Olex Cable (PMA) serta PT. Pindad (Persero). Tiga Jenis pekerjaan sudah dilaluinya yaitu BUMN, Swasta Penanam Modal Asing (PMA), dan sekarang sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pemilik nama unik 745, sering diberi label sebagai Birokrat, Teknokrat dan Organisator.

Memanfaatkan teknologi untuk memperluas akses masyarakat terhadap kesempa.tan kreatif. Ini termasuk penyediaan akses internet yang luas, platform digital untuk berbagi karya kreatif, dan aplikasi Mobile untuk pembelajaran kreatif. Memperkuat identitasnya sebagai kota kreatif yang berdaya, inklusif, dan berbudaya. Dukungan dari UNESCO  Creative Cities Network dapat memberikan akses ke sumber daya dan jaringan internasional yang dapat memperkuat upaya-upaya ini dan menginspirasi kota lain di seluruh dunia.

Niat baik ini semua akan bisa terwujud tentu dengan adanya tangan terbuka khsusus dari para Partai Politik yang mempunyai tiket untuk mencalonkan kepala daerah disertai dengan niat yang tulus untuk bersama-sama bangkit dan bekerja bersama didukung dengan keinginan yang kuat dari masyarakat akan hadir pemimpin yang akan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan daerahnya.

Bismillah……..Semoga niat baik ini mendapatkan jalannya…………

Narahubung :

Ir. H. Jasyanto, MM(jasyantosahur@gmail.com) Hp. 08111735071

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*