Petrokimia Kembangkan Produksi Kakao di Pasaman

Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis ketika terima kunjungan Dewan Komisaris dan Manajer PT Petrokimia,
Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis ketika terima kunjungan Dewan Komisaris dan Manajer PT Petrokimia,

Pasaman, Editor.- Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis sangat mengapresiasi  niat dari Petrokimia untuk mengembangkan tanaman kakao di Kabupaten Pasaman.

Disampaikan Bupati  usaat menerima kunjungan Direksi Petrokimia dan rombongan di ruang kerjanya Selasa siang (17/09/2019).

Dewan Komisaris PT.Petrokimia Gresik  Heriyono Harsono kepada awak media mengatakan, untuk daerah Sumatera Barat ada 2  daerah yang di jadikan daerah pembuatan demplot kakao, antara lain Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Pasaman.

Sedangkan untuk Kabupaten Pasaman saat ini pihak Petrokimia akan mengadakan survey terlebih dahulu baru pihaknya akan membuat langkah kerjasama dengan Pihak pemerintah setempat.

Selanjutnya dikatakan pihak Petrokimia nantinya akan melakukan pengembangan produksi kakao di Pasaman. Untuk meningkatkan produksi kakao  masyarakat , bahkan pihaknya juga akan membantu untuk sistem pemasaran yang mana saat ini pihaknya juga telah membawa pengusaha di bidang pengolahan kakao yang akan membantu penjualan kakao masyarakat.

Selain itu katanya , sulitnya pemasaran dari hasil tani kakao masyarakat, harga jual dari petani itu sendiri sangat murah sehingga dapat merugikan petani dan yang lebih di perhatikan adalah kualitas dari kakao itu sendiri kurang baik, untuk itulah pihaknya berkeinginan untuk membantu masyarakat baik Kualitas maupun kuantitasnya.

Ia juga menambahkan, produksi kakao yang dihasilkan oleh masyarakat baru berkisar 0,8 ton sampai dengan 1 ton Perhektar, tapi sebaliknya dengan program ini nantinya masyarakat akan dapat menghasilkan 2 ton perhektarnya , tentu hal ini dilaksanakan dengan pembinaan yang baik dan penggunaan pupuk yang berkualitas.

Pada kesempatan tersebut Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis dalam keterangannya di depan pihak Petrokimia mengatakan, bahwa sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah sebagai petani.

“Salah satu sektor yang sangat menunjang sekali adalah sektor  perkebunan dimana saat ini   Kabupaten Pasaman   merupakan salah satu  daerah sentra Komoditi  kakao di Sumatera Barat,” ujarnya, 

Selanjutnya dikatakan H.Yusuf Lubis, sesuai dengan data statistik perkebunan tahun 2018 tercatat luas tanaman kakao di Kabupaten ini mencapai 17.640 Hektar dengan jumlah Produksi sebesar 15.241,8 ton.

Untuk menunjang peningkatan hasil produksi pemerintah daerah juga telah mengembangkan  3  program pengembangan kakao diantaranya , Peningkatan Luas Tanam, Pemangkasan dan Sekolah Lapang Penyakit Hama Tanaman ( SL-PHT). Perbaikan  pasca panen kakao serta Pembinaan Kelembagaan petani “,ujarnya.

Kemudian ia juga mengatakan adanya permasalahan terhadap produktifitas kakao diantaranya produksi yang masih di bawah 1 ton, sedangkan potensinya bisa mencapai 2 sampai 3 ton per hektar, selain itu dalam hal kemampuan Sumber Daya Manusia ( SDM ), dan ketersediaan sarana untuk pemeliharaan ( pemangkasan , pemupukan dan penanganan Pasca Panen ) masih terbatas.

Ditambah dengan kurangnya ketersediaan  infrastruktur sehingga ongkos angkut menjadi tinggi dan akan terjadi  penekanan harga ditingkat petani,  serta masih lemahnya kelembagaan petani, sehingga posisi tawar menawar masih di tentukan oleh pedagang, demikian juga dengan minim nya ketersediaan benih atau bibit unggul di tambah dengan adanya serangan  organisme pengganggu tanaman.

Ia juga menambahkan pemerintah daerah  berharap  dengan kehadiran PT. Petrokimia di daerah ini bisa memberikan nilai tambah terhadap peningkatan  perekonomian masyarakat.

“Untuk itu katanya  kepada OPD yang terkait  agar membantu sepenuhnya , agar program pengembangan kakao di Kabupaten Pasaman dapat terlaksana dengan baik,  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini  sesuai dengan visi pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman , yakni terciptanya masyarakat yang sejahtera , agamis dan berbudaya “,tambahnya.

Pertemuan tersebut  di laksanakan di ruang rapat Bupati Pasaman, yang  di hadiri oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis , Asisten II setda Pasaman Yuspi, Kabag Perekonomian Elviwardi, Kabid Perkebunan, dan OPD terkait.

Sedangkan  dari Petrokimia  dihadiri oleh Dewan Komisaris PT Petrokimia” Heriyono Harsono,Manajer Promosi , Perencanaan dan Pemasaran Junianto Simare Mare, Kabag Promosi  Asep Saiful Muslim dan Yoyok Fandi Amarta dari Staf Perwakilan Daerah Penjualan Wilayah Sumatera Barat.

Disamping itu juga hadir dari Perusahaan  pengelola tanaman Kakao PT Panca Artha Mustika , M.J.Christophocus, B. Kosta WS, dan PT Andalan Penanjung Makmur  Hendri Jatna. ** Verdi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*