Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi Ukir Prestasi

Foto Bersama Peyerahan Pennghargaan
Foto Bersama Peyerahan Pennghargaan

Bukittinggi, Editor.- Kota Bukittinggi kembali menuai prestasi,kali  ini prestasi yang diraih  berskala nasional, Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi  masuk 6 besar Tingkat Nasional.

Acara penyerahan penghargaannya telah dilakukan bersamaan dengan  pemberian penghargaan lomba Pemilihan Fungsional Arsiparis Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dan penyerahan hadiah Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 kepada SMA Negeri 4 Bukittinggi, di aula kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Padang Selasa (14/09/2021) kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi mewakili Wali Kota Bukittinggi.

Pada lomba Pemilihan Fungsional Arsiparis Terbaik, Kota Bukittinggi berhasil meraih peringkat Terbaik II atas nama Rina Purnama Sari, fungsional Arsiparis Pemko Bukittinggi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Sementara, SMA Negeri 4 Bukittinggi yang merupakan Juara I Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 dan mewakili Provinsi Sumatera Barat pada lomba yang sama di tingkat Nasional beberapa waktu lalu, diumumkan meraih prestasi sebagai 6 (enam) besar Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Nasional berdasarkan hasil penilaian Perpustakaan Nasional RI pada 27 Agustus lalu.

Wali Kota Bukittinggi melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs. Johnni, tak kuasa  menyembunyikan rasa syukur dan haru atas prestasi yang diraih tersebut. “Alhamdulillah, kita sangat bersyukur atas raihan prestasi yang dicapai Kota Bukittinggi pada lomba Pemilihan Fungsional Arsiparis Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat dan prestasi 6 (enam) besar Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Nasional yang dicapai SMA Negeri 4 Bukittinggi,” ucap Johnni saat ditemui di kantornya, Rabu (15/09).

“Lomba Pemilihan Fungsional Arsiparis Terbaik Tingkat Provinsi ini merupakan untuk pertama kali-nya kita berpartisipasi, karena peserta yang mengikuti lomba tersebut haruslah merupakan pejabat fungsional Arsiparis. Kota Bukittinggi diwakili oleh Saudara Rina Purnama Sari, yang merupakan satu-satunya fungsional Arsiparis Pemko Bukittinggi saat ini. Alhamdulillah, kita meraih peringkat Terbaik II,” sebut Johnni.

Ia menyebutkan, proses penilaian lomba tersebut dilakukan pada 30 Juni lalu. Proses penilaian tersebut, lanjutnya, terdiri dari 3 (tiga) tahap: ujian tertulis, praktik, dan wawancara. “Semoga raihan prestasi ini memotivasi kita untuk lebih baik lagi ke depan dalam hal penyelenggaran kearsipan di lingkungan Pemko Bukittinggi,” ujarnya.

Rina Purnama Sari, wanita kelahiran Banjarmasin 37 tahun lalu serta ibu dari 4 (empat) orang anak tersebut, dilantik menjadi pejabat fungsional Arsiparis Pemko Bukittinggi pada 1 April 2020. Sebelum dilantik, Ia terlebih dahulu menempuh pendidikan dan pelatihan (diklat) Fungsional Pengangkatan Arsiparis Kategori Keahlian pada Pusdiklat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Bogor pada tahun 2019.

Sementara, keberhasilan perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi menembus 6 (enam) besar Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021 juga tidak kalah membanggakan. Selama 3 (tiga) tahun berturut-turut (2019—2021) perpustakaan sekolah (SMA) Kota Bukittinggi meraih Juara I tingkat Provinsi Sumatera Barat dan mewakili Sumatera Barat di perlombaan tingkat Nasional. Dimulai dari SMA Negeri 5 Bukittinggi (2019), SMA Negeri 1 Bukittinggi (2020), dan SMA Negeri 4 Bukittinggi (2021).

“Prestasi yang diraih ini merupakan bentuk komitmen Pemko Bukittinggi dalam menyelenggarakan fungsi pembinaan perpustakaan sekolah di Bukittinggi. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, kewenangan dan tanggungjawab penyelenggaraan pembinaan perpustakaan sekolah di daerah, dari perpustakaan taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, berada di bawah pemerintah daerah kabupaten/kota ” ujar Johnni.

“Komitmen itulah yang membawa tiga sekolah yang berbeda selama tiga tahun belakang ini meraih prestasi di tingkat Provinsi (Sumatera Barat) dan berkompetisi di tingkat Nasional,” sambungnya.

Johnni juga sebutkan, prestasi tersebut merupakan buah dari pembinaan yang dilakukan Pemko selama ini. “Kita melakukan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah-sekolah yang ada di Bukittinggi secara terencana dan terstruktur. Ini tentunya tidak lepas dari kerjasama yang baik antara Pemko, sekolah, serta Komite Sekolah yang bersangkutan,” tutup Johnni. **Widya

66 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*