Peringati HUT Kab. Solok ke 106, DPRD Kab. Solok Gelar Rapat Paripurna Istimewa

Rapat paripurna istimewa DPRD Kab. Solok.
Rapat paripurna istimewa DPRD Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- DPRD Kabupaten Solok menggelar sidang paripurna istimewa Perinagatan Hari Jadi Kabuapaten Solok ke 106, di ruang sidang utama, Selasa (9/4) Sidang tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kab. Solok, Hardinalis Kobal, SE, MM.

Dalam sambutannya Hardinalis Kobal mengatakan, Rapat paripurna DPRD Kabupaten Solok dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Solok yang ke 106 tahun yang jatuh pada hari ini selasa 9 April 2019 bertema “Dengan Momentum Peringatan Hari Jadi Kabupaten Solok Ke 106 Kita Sukseskan Pesta Demokrasi (Pemilu) Tahun  2019 di Kabupaten Solok”.

“Rapat paripurna hari jadi kab solok ke 106 tahun ini adalah rapat paripurna yang terakhir yang saya pimpin sebagai ketua DPRD Kabupaten Solok,begitu juga bagi anggota DPRD  masa bhakti 2014-2019.

Berhubung HUT kali ini bertepatan dengan pesta demokrasi 2019, maka kami juga menghimbau kepada masyarakat kabupaten solok agar dapat berperan serta dan mewujudkan pemilu aman dan damai di Kabupaten Solok ini. Jangan jadikan perbedaan pandangan politik sebagai sebuah dikotomi yang justru berpotensi negative pada perkembangan demokrasi.

Pembangunan  Kabupaten Solok tidak cukup hanya mengandalkan pihak legislative maupun eksekutif yang dibatasi dengan jabatan yang relative singkat. Maka dari itu untuk mencapai cita-cita bersama maka dibutuhkan sinergitas dari seluruh stakeholder yang ada,” kata Hardinalis Kobal.

Lebih lanjut dikatakannya, merefleksikan HUT Kab. Solok ini secara substansial dapat dipresentasikan sebagai sebuah realita, planning, dan ekspektasi. Dimana didalam konteks realita kita menyadari masih banyaknya permasalahan yang kompleks dan berbagai aspek yang perlu kita benahi baik secara parsial maupun holistic dalam upaya meneyejahterakan masyarakat.

“Peringatan ini hendaknya kita jadikan sebagai momentum untuk memantapkan komitmen kita, agar selalu memberikan karya terbaik dari berbagai macam aspek bagi perkembangan dan kemajuan Kab. Solok,” ujar Hardinaslis Kobal.

Sementara itu Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, peringatan HUT ke 106 Kab. Solok yang diselenggarakan hari ini bukan hanya sebagai kegiatan rutin atau seremonial belaka/ Melainkan merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan yang telah kita selenggarakan juga mempunyai makna atau arti yang sangat penting bagi kita terutama masyarakat Kab. Solok.

“Jadikan momentum ini sebagai waktu untuk melakukan evaluasi terhadap perkembangan dan keberadaan Kab. Solok dalam mewujudkan cita-cita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan tujuan dibentuknya Kab. Solok,” kata Gusmal.

Lebih lanjut dikatakan bupati, berkat kerjasama kita semua, sampai saat ini perwujudan pencapaian visi misi Kab. Solok telah menunjukkan perkembangan yang cukup baik dengan progress positif  sampai dengan tahun ke empat pelaksanaan RPJMD Kab. Solok 2016-2021.

Dalam mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih, pemerintah juga terus berupaya secara giat dalam peningkatan indeks kepuasan masyarakat (IKM), perbaikan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, pelaksanaan reformasi birokrasi, hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah atau EKPPD terhadap LPPD dan penuntasan pencapaian predikat WTP.

“Saya berharap kedepannya Kab. Solok dapat terus berkembang sesuai dengan tujuan visi misi nya,” harap Gusmal.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat diwakili oleh Asisten Pemerintahan Prov. Sumbar,  Devi Kurnia, SH,  MM, dalam sambutannya mengatakan, dangat berharap Kab. Solok menjadi Kabupaten yang lebih baik dan mandiri serta sejahtera di masa yang akan datang.

“Pemprov Sumbar sangat mengapresiasi bebbagai prestasi yang telah dicapai oleh pemerintah Kab. Solok dengan seluruh jajarannya dalam rangka membangun dan meningkatkan kemajuan Kab. Solok sendiri. Ingat, hakikat pembangunan yang kita jalankan bersama bukan hanya untuk yang tinggal di kota-kota tapi untuk seluruh masyarakat, baik yang tinggal di ibukota kabupaten, pedesaan maupun daerah pinggiran,” pesan Devi Kurnia.

Lebih lanjut dikatakannya, tingkatkan dan terus maksimalkan pemanfaatan potensi yang dimiliki daerah,. Sebab Kab. Solok adalah daerah yang potensial jika dibandingkan dengan Kabupaten lain, karena memiliki keunggulan kompetitif maupun komparatif.

Hadir pada sidang paripurna tersebut Gubernur Sumatera Barat diwakili oleh Asisten Pemerintahan Prov. Sumbar,  Devi Kurnia, SH,  MM, Anggota DPD RI, H.Nofi Candra, SE,

Bupati dan Wakil Bupati Solok (H. Gusmal, SE, MM dan Yulfadri Nurdin ,SH, Bupati / Walikota serta Ketua DPRD Kab/Kota se Sumatera Barat, Riau dan Jambi, Para mantan Bupati dan Wakil Bupati beserta Mantan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kab. Solok, Ketua DPRD Kab. Solok Hardinalis, SE, MM, Sektretaris Daerah Kab. Solok Aswirman, SE, MM, Asisten dan Para Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD serta camat di Lingkup pemerintah Kab. Solok, Pimpinan Instansi Vertikal terkait vserta Pimpinan BUMN/BUMD, Ketua TP PKK Kab. Solok Ny. Hj Desna Devi Gusmal, SH, Ketua GOW Kab. Solok, Ny.Dahliar Yulfadri Nurdin, Anggota DPRD Kab. Solok Periode 2014-2019, Kapolres Arosuka (AKBP. Ferry Irawan, SIK, Dandim 0309/Solok, Kajari , Alyansyah, SH. MH, Ketua PN Koto Baru, Purnomo Hadiyanto, SH, Ketua PA Koto Baru, Muhammad Ismet, S.Ag, MH dan  Forkopimda Kab. Solok. ** Rhian/Jetra/Hms

1222 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*