Peringati Hari Jadi Kabupaten Pessel ke 74: DPRD Pessel Gelar Rapat Paripurna Di Painan Convention Center

Pemotongan Kue Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke 74 oleh Bupati Rusma Yul anwar.
Pemotongan Kue Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke 74 oleh Bupati Rusma Yul anwar.

Painan, Editor.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar rapat Paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-74 pada Kamis, 14 April 2022 di gedung Painan Convention Center (PCC).

Rapat Paripurna DPRD Pesisir Selatan tersebut dipimpin langsung oleh ketua DPRD Pessel, Ermizen, S.Pd Ermizen, S.Pd didampingi tiga orang wakil ketua, Hakimin, Jamalus Yatim dan Aprial Abbas. dan dihadiri oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar,  Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah, Forkompida setempat, Anggota DPRD,  Ketua TP PKK Titi Rusma Yul Anwar, Wakil Ketua TP PKK Ika Rudi Hariansyah, Kepala OPD dan pejabat eselon II serta camat dilingkup pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan.

Rapat paripurna memperingati Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-74 ini juga dihadiri oleh tamu undangan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi, Wali Kota Pariaman Genius Umar, Bupati Dharmasraya, Riska Tuanku Kerajaan, Sekda Kabupaten Tanah datar, Iqbal Rama Dipayana, Ketua DPRD Kabupaten Kerinci, Edminuddin dan ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perkumpulan Perantau Pesisir Selatan (PKPS) Sumatera Barat Sengaja Budi Syukur serta tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen dalam sambutannya menyatakan, hari jadi kabupaten (HJK) Pessel merupakan hari bersejarah, dan hari bersatunya masyarakat dari ujung utara Koto XI Tarusan hingga ujung selatan Silaut Pesisir Selatan.

Peringatan HJK kali ini merupakan wujud rasa syukur, dan tentunya momentum untuk melakukan instropeksi dan evaluasi tentang sejauhmana pelaksanaan pembangunan yang dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Melakukan evaluasi yaitu mengisi masa sekarang dengan membangun kabupaten yang lebih baik, mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Momentum HJK ini, hendaknya dapat membangun tekad bersama untuk Pessel yang lebih maju ke depan.

“Mari kita optimalkan segenap potensi yang ada dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ajaknya.

Menurutnya, peringatan HJK yang dilaksanakan setiap tahun juga memiliki makna yang sangat dalam, mengandung nilai sejarah dan memberikan motivasi kepada segenap elemen untuk mempersembahkan yang terbaik untuk kabupaten ini.

“Peringatan HJK bukan hanya sekedar euforia, tapi jauh lebih penting adalah memaknai filosofi yaitu “jangan tanyakan apa yang diberikan Kabupaten Pesisir Selatan kepada kita, tetapi tanyakan apa yang telah kita berikan untuk Kabupaten Pesisir Selatan ini”, tuturnya.

Selanjutnya, dengan memperingati HJK dapat meningkatkan kecintaan kepada daerah kabupaten, dan berupaya mewujudkan kemajuan Pesisir Selatan.

“Melalui peringatan HJK ini sekaligus mengenang kembali masa lalu tentang apa saja yang telah diperbuat untuk daerah. Kemudian menatap masa depan dengan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kemajuan Pessel, meminimalisir segala kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat,” harapnya.

Dikatakan, Pessel memiliki potensi yang besar seperti di sektor pertanian, kelautan dan perikanan, perkebunan dan pariwisata. Sekaitan itu diharapkan kepada bupati dan wakil bupati supaya dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan sebaik baiknya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, akutabel dan profesional.

“Dalam menjalankan roda pemerintahan terlihat ada yang menggembirakan, namun jangan sampai terlena dengan keberhasilan-keberhasilan yang diraih, akan tetapi teruslah melakukan instropeksi dan evaluasi pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat,” harapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perkumpulan Perantau Pesisir Selatan (PKPS) Sumatera Barat Sengaja Budi Syukur dalam sambutannya menyampaikan di tengah keterbatasan, selama 74 tahun berdiri Pesisir Selatan mampu mewujudkan sebagian besar dari rencana pembangunan strategisnya

“Peringatan ini harus kita jadikan sebagai refleksi dalam melaksanakan pembangunan yang lebih baik ke depannya,” ujarnya

Lebih lanjut Sengaja Budi Syukur mengatakan Pemerintah kabupaten harus menjalin hubungan baik dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, sehingga segala keterbatasan, utamanya soal pembiayaan pembangunan bisa teratasi.

“Dengan demikian daerah berjuluk ‘Negeri Sejuta Pesona’ itu semakin maju dan lebih baik,” ungkapnya.

Menurutnya Pesisir Selatan memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan demi terwujudnya kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti misalnya pelabuhan Panasahan.

Tak hanya itu, Pesisir Selatan juga memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang sangat menjanjikan. Karena itu, pemerintah kabupaten harus mampu mengoptimalkan potensi tersebut.

“Untuk pariwisata, kami para perantau telah mendeklarasikan kesiapan kami sebagai duta pariwisata daerah,” tutupnya.

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar dalam pidatonya menyampaikan memperingati HJK bukan hanya seremonial belaka, akan tetapi bagaimana memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

‘Peringatan HJK menjadi pedoman untuk menyatukan visi serta meningkatkan peran semua pihak untuk pelaksanaan pembangunan. Kemudian memaksimalkan pembangunan Kabupaten Pesisir Selatan ke depan, meskipun daerah masih dihadapkan dengan berbagai keterbatasan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy  berharap melalui momentum peringatan HJK ini dapat menjadi penyemangat bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana membangkitkan berbagai sektor, mewujudkan pembangunan yang merata, memacu pengembangan potensi sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, berupaya melakukan inovasi di semua bidang dan lainnya,” ungkapnya.** Findo/Adv

120 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*