Perbaikan Jam Gadang Bukittinggi, Telan Biaya Rp 170 Juta

Bukittinggi, Editor.- Kasi Peninggalan Sejarah Disbudpar Bukittinggi Firdaus mengatakan, agar keberadaan Jam Gadang semakin terlihat indah dipandang, maka dilakukan sejumlah perbaikan. Sedikitnya Rp 170 juta dihabiskan untuk perbaikan atap, pengecatan, serta perbaikan saluran air dan pagar.

“Memang cat yang melekat saat ini sudah banyak yang pudar, oleh karena itu perlu dilakukan cat ulang kembali dengan warna yang sama seperti  saat ini. Sedangkan untuk perbaikan atap gonjong akan dilakukan pada kayu nya yang sudah lapuk,” ujar Firdaus, beberapa waktu lalu.

 

Untitled-1Guna mempermulus dan mempercantik kembali ikon peninggalan sejarah itu, Pemko Bukittinggi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) melakukan pengecatan ulang Jam Gadang tersebut. Disamping pengecatan, atap gonjong Jam Gadang juga akan diperbaiki. Diperkirakan pengerjaan perbaikan tersebut akan memakan waktu hingga 40 hari kedepan.

Untuk pagar yang melingkar di Jam Gadang, ulas Firdaus, juga akan diperbaiki. Sebab, pagar yang ada saat ini  pada bagian bawah masih tergolong tinggi sehingga menyebabkan ruang bagi anak-anak untuk masuk kedalam area Jam Gadang tersebut. Begitu juga tembok yang ada didekat kebun samping jam gadang, yang juga akan ditinggikan sedikit untuk mencegah bercak tanah saat hujan turun.

“Untuk perbaikan ini dalam rencana awalnya, pengerjaannya akan memakan waktu hingga 40 hari kedepan.  Diperkirakan pekerjaan ini rampungnya menjelang lebaran nanti karna saat ini kita sudah memulai pengerjaaa tersebut,” jelasnya. * Uncu

826 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*