Pengelolaan Homestay di Bukittinggi Butuh Modernisasi Manajemen

Pembukaan pelatihan peningkatan kompetensi pengelolaan homestay di Bukittinggi.
Pembukaan pelatihan peningkatan kompetensi pengelolaan homestay di Bukittinggi.

Bukittinggi, Editor.-  Kota Bukittinggi merupakan tujuan wisata, untuk itu masyarakat dan pelaku wisata bisa membaca peluang ini, ujar Kadis. Parpora Bukittinggi Supadria dihadapan 40 peserta pelatihan peningkatan kompetensi pengelola homestay.

Untuk memajukan pariwisata ini, sektor pariwisata perlu dikeroyok secara bersama. Pembenahan dan peningkatan sangat dibutuhkan terutama manajemen, kelembagaan dan SDM, ungkapnya.

Pelatihan yang digelar di Hotel hotel Hotel Santika Bukittinggi dari 3-5 November 2020, Dilaksanakan Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olahraga Bukittinggi dengan DAK Non Fisik pelayanan kepariwisataan 2020

untuk meningkatkan kompetensi pengelola homestay. Pelatihan diikuti 40 orang peserta dari pengelola Homestay di Bukittinggi.

Menurut Supadria, homestay merupakan salah satu usaha akomodasi yang berbasis pemberdayaan masyarakat di sekitar destinasi wisata. Homestay memanfaatkan rumah tempat tinggal yang disewakan bagi tamu. Istimewanya adalah tamu dapat berinteraksi dengan pemilik Homestay serta beraktivitas sesuai apa yang dilakukan oleh tuan rumah.

Saat ini Homestay semakin menjamur. Ini sangat mendukung sarana prasarana Bukittinggi sebagai Kota Pariwisata. Diharapkan, Melalui pelatihan ini, manajemen pengelolaan homestay harus dikelola lebih modern. Jika homestay berkembang dapat mengantisipasi keluhan pengunjung.

“Kita berharap homestay jangan lagi dikelola secara konvensional. Homestay juga harus mampu menambah daya tarik. Homestay memiliki kelebihan dengan adanya interaksi pengelola dan pengunjung. Walaupun tradisional, manajemen homestay harus lebih modern. Jadi, Homestay juga lebih familiar,” ujar Supadria didampingi Sekretaris Disparpora, Nenta Oktavia dan Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Suzi Yanti.

Supadria menambahkan akulturasi budaya dan transformasi ilmu juga terjadi di Homestay. Homestay juga lebih fleksibel. Kedepan, pemasaran atau promosi Homestay harus berbasis IT atau digital.

“Karena itu, perlunya peningkatan kompetensi pengelola Homestay di Bukittinggi ini. pengelola bisa memaksimalkan konsep manajemen digital. Untuk itu, kualitas manajemen dan pelayanannya perlu peningkatan.

Sementara Ketua Asosiasi Homestay Kota Bukittinggi, Muhammad Subari, mengarajan, sebelum pandemi Covid-19, tingkat hunian Homestay meningkat. Jumlah Homestay di Bukittinggi bertambah setiap rahun,  karens keterbatasan kamar hotel dan citarasa wisatawan yang mulai bergeser dari menginap di hotel ke Homestay.

“Kamar di Homestay maksimum enam kamar. Jumlah Homestay di Bukittinggi yang telah terdaftar di Asosiasi Homestay Bukittinggi sebanyak 54 buah. Saat ini, aturan baru tentang bagamana Homestay, jumlah kamar dan sebagainya belum ada,” ujar M.Subari.

Menurutnya, peningkatan kompetensi pengelola Homestay kedepan adalah mereka dapat mengedepankan Sapta Pesona dan melengkapi amenitas (kelengkapan Homestay) sesuai standarisasi. Pengelola Homestay harus bersinergi dengan pelaku pariwisata untuk pengembangan produk Homestay dan promosi.

“Khusus selama masa pandemi, tingkat hunian berkurang. Keluhan dari pengelola rata-rata sama. Homestay juga sudah melaksanakan Protap Covid-19. Kendala utama dari Homestay saat ini adalah jumlah tamu atau hunian. Untuk saran Disparpora, bisa kita laksanakan. Bahkan, promosi melalui media sosial sudah dilakukan. Sekarang, kita sedang menggunakan media offline berhubungan dengan travel agent dan pelaku pariwisata lain. Konsep digital sudah dilakukan.Pengurus juga telah melaksanakan pelatihan-pelatihan dan lebih memfokuskan kepada pengembangan,” jelas Subari.** Widya

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*