Pengamanan Tebing di Nagari Lakitan dan Kambang Tahun Ini Mulai Dikerjakan

Zarfi Deson saat melakukan peninjauan.
Zarfi Deson saat melakukan peninjauan.

Padang, Editor.- Terhalangnya arus aliran sungai di Kenagarian Kambang dan Lakitan telah menyebabkan penggerusan pada tebing sungai, karena arah aliran sungai berubah akibat erosi air yang berlebihan di musim hujan. Untuk itu Anggota DPRD Sumbar, Zarfi Deson memperjuangkan anggaran APBD Sumbar untuk mengalokasikan pengamanan tebing di dua kenagarian tersebut.

“Kalau perlindungan pada tanah tebing tidak disegerakan, dikuatirkan erosi air sungai yang mengalir akan merugikan masyarakat, makanya kita memprioritas pengamanan tebing sesuai dengan aspirasi masyarakat di dua kenagarian di Kecamatan Lengayang,” kata Zarfi Deson kepada media ini, Rabu (13/10/2021).

Anggota DPRD Sumbar dari Partai Golkar itu mengatakan dieksekusinya dana pokir dirinya untuk pengamanan tebing di Kecamatan Lengayang karena perwakilan warga dilokasi tebing mendesaknya untuk mengalokasikan anggaran bagi pembangunan bronjong pengamanan tebing sungai di wilayah tersebut pada tahun lalu.

Menuru Zarfi Deson, pengaman tebing sungai sudah saatnya dilakukan mengingat di Lengayang beberapa waktu lalu pernah dilanda banjir.

“Antisipasi bencana alam bukan hanya melalui survey tapi wujud nyata sebagai bentuk kepedulian, makanya alokasi dana porkir saya selaku anggota DPRD Sumbar senilai Rp960 juta  untuk Nagari Kambang dan Nagari Lakitan senilai Rp660 juta dieksekusi tahun ini, yang pengerjaannya dibawah pengawasan lansung Dinas PSDA Provinsi, ” paparnya sembari menyebutkan bahwa dirinya bersama Dinas PSDA Sumbar sudah meninjau pekerjaan proyek tersebut, Rabu (13/10).

Diungkapkannya kondisi sungai di Kecamatan Lengayang, sudah memasuki siaga karena rawan banjir, sehingga kalau tidak ditangani dari sekarang ini, maka besar kemungkinan berdampak fatal terhadap pemukiman masyarakat sepanjang bantaran sungai. ** Agusmardi

56 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*