Pemprov Sumbar Usulkan Kawasan Gunung Talang dan Singkarak Jadi Kawasan Geopark

Rapat koordinasi di Cinangkiak.
Rapat koordinasi di Cinangkiak.

Singkarak, Editor.- Salah satu manfaat menjadi Unesco Global Geopark ialah untuk mempromosikan wilayah geopark kepada dunia melalui branding Unesco sehingga akan banyak pengunjung mancanegara yang datang ke daerah.

“Alhamdulillah pemerintah Kabupaten solok juga sangat mendukung penuh niat kita tersebut  maka dari itu lah kegiatan ini bisa terlaksana. Tujuannya adalah tidak lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kita semua dan Menangkatkan marwah Kabupaten solok dan sumatera barat  di kancah nasional,” kata Wagub Sumbar Audy Joinaldi dalam pengarahannya pada Rapat Koordinasi Usulan Provinsi Sumbar Menjadikan Kawasan Gunung Talang dan Singkarak Menjadi Kawasan Geopark, di Cinangkiak Dream Park, Singkarak (24/6/2021).

Menurut Wagub, pertemuan malam ini terjadi karena Pemprov Sumbar memasukan kawasan Singkarak sebagai salah satu prioritas kawasan calon geopark nasional. Di sumbar saat ini ada 3 geopark nasional yaitu Ngarai Sianok, Maninjau, Sawahlunto, Silokek Sijunjung dan ada 4 calon geopark nasional yaitu Singkarak, Harau, Talamau dan Solok Selatan.

Sementara itu Bupati Solok Epyardi Asda, M. Mar mengatakan, dengan dijadikan kawasan Singkarak dan Gunung Talang ini kawasan geopark tentu akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kab Solok.

Hal tersebut tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok

Alahan panjang resort akan di pihak ketiga kan oleh pemerintah daerah demi meningkatkan fungsi dan manfaatnya.

Bagi yang ingin berbisnis, pemerintah menawarkan sistem BOT selama minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun, tergantung berapa banyak pebisnis tersebut berinvestasi

Pemerintah daerah membuka kesempatan bagi seluruh pengusaha yang ingin berinvestasi, namun tetap berharap jikabisa yang memegang tetap orang Sumbar, sekalipun perantau

“Pemerintah daerah akan mempermudah izin bagi yang ingin berinvestasi di daerah Kab. Solok, dengan tetap mematuhi aturan dan syarat yang berlaku dan tidak bertentangan dengan undang-undang,” kata Epyardi Asda.

Bupati Solok juga menyebut bahwa berinvestasi di Kab. Solok tidak akan merugikan para pengusaha. Solok terbuka dan welcome untuk para investor di bidang apa saja demi kemajuan daerah.

Hadiri pada kegiatan ini Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Bupati Solok Epyardi Asda

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kemenko Maritim dan Investasi RI Rustam Efendi, Wakil Bupati Solok Jon Firman Pandu, Tim geopark Ranah Minang beserta rombongan, Tim penyusun studi kelayakan lawasan Gunung Talang beserta rombongan,

Tim penyusun master plan Geosite Gunung Talang-Lembah Gumanti beserta rombongan, Kepala SKPD di lingkup pemerintah Kab Solok. ** Tiara/Hms

76 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*