Pemkab Tanah Datar Bersama BBPSDMP Kominfo Medan Gelar Pelatihan VSGA

Foto bersama usai pembukaan pelatihan.
Foto bersama usai pembukaan pelatihan.

Batusangkar, Editor.-  Untuk  meningkatkan kompetensi lulusan pendidikan vokasi yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran, serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi di indonesia. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumbar Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, gelar Pelantihan Vocational School Graduate Academy (VSGA).

Pelatihan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Kamis (9/6) di Ballroom Emersia Hotel Batusangkar dan dihadiri langsung oleh Koordinator Pengembangan Sumber Daya Manusia BBPSDMP Kominfo Medan Yusrizal tersebut diikuti oleh 75 orang peserta pelatihan dengan latar belakang pendidikan SMK sederajat, diploma 1, diploma 2, diploma 3 dan juga diploma 4 atau S1.

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra, ucapkan terimakasih kepada Kepala BBPSDMP Kominfo RI Medan beserta seluruh jajarannya yang telah memprakarsai pelatihan VSGA dengan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional atau Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Lebih lanjut disampaikan Eka Putra, pemerintah saat ini tengah melakukan akselerasi transformasi digital melalui empat sektor strategis, yakni sektor infrastruktur digital, ekonomi digital, pemerintah digital dan masyarakat digital. Pengembangan sumber daya manusia digital menjadi perhatian, agar terwujud SDM digital yang mampu menjadi pelaku utama dalam transformasi digital.

“Dengan adanya pelatihan dengan basic sekolah vokasi seperti ini, tentu memberikan bekal kepada lulusan sekolah maupun pendidikan tinggi untuk menambah skill dan kualifikasi diri, sebagai bekal menghadapi dunia kerja, atau pun dunia wirausaha,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, pemerintah kabupaten Tanah Datar menaruh harapan besar atas terselenggaranya kegiatan ini. “Semoga dengan mengikuti pelatihan ini, peserta memiliki keterampilan dan daya saing, produktivitas, profesionalisme SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi angkatan kerja muda Indonesia dan masyarakat umum,” tambah Bupati.

Selanjutnya, Eka Putra memaparkan bahwa kabupaten Tanah Datar tahun 2022 ini mendapat fasilitas 5000 seat peserta pelatihan yang menjadi peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan, mengupdate diri, dan keterampilan agar mampu beradaptasi di era digitalisasi.

“Semoga dengan kesempatan pelatihan ini, Tanah Datar dapat mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing di kabupaten Tanah Datar, sebagaimana yang tertuang dalam misi kabupaten Tanah Datar,” harap Bupati.

Selain itu, kepada para peserta yang mengikuti pelatihan Bupati Eka Putra juga mengharapkan agar bisa termotivasi untuk mengembangkan potensi dan kompetensi diri,  serta mengupdate ilmu dan keterampilan dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi ke depan.

“Ikutilah pelatihan ini degan serius, karena pada prinsipnya belajar harus dilakukan seumur hidup (long life education). sehingga apa yang dapatkan nantinya dapat diaplikasikan di tempat kerja masing-masing nantinya,” pesannya.

Sementara Koordinator Pengembangan Sumber Daya Manusia BBPSDMP Kominfo Medan Yusrizal, mengatakan bahwa pelatihan ini diharapkan mampu mengurangi permasalahan bangsa terutama dalam hal keterbatasan kemampuan talenta digital, dimana kebutuhan tenaga kerja ahli dalam bidang teknologi saat ini masih belum tercukupi. ** John Denis

81 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*