Pemkab Solok Sosialisasikan “Germas”

Sekdakab Solok Azwirman menandatangani poster sosialisasi Germas di Kab. Solok.
Sekdakab Solok Azwirman menandatangani poster sosialisasi Germas di Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- Germas merupakan gerakan nasional yang di prakarsai oleh Presiden RI dalam rangka penguatan paradigm penguatan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif. Program ini dilaksanakan dengan 3 pilar utama, yakni penerapan paradigm sehat, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan dan pelaksanaan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI, drg. Usman Sumatri, M.Sc pada sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), bertempat di Ruang Solok Nan Indah, Arosuka, Jum’at (6/4).

Lebih lanjut dikatakannya, diharapkan puskesmas masa depan ialah puskesmas yang lebih banyak melayani msyarakat sehat untuk berkonsultasi agar kesehatannya tetap terjaga. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia, serta peran sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsure, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan.

Sementara itu Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik kegiatan GERMAS dari Presiden,  sebab menunjang dan mendukung salah satu dari visi Kab. Solok yang berkaitan dengan kesehatan dan dalam rangka percepatan dan mensinergikan upaya promotif dan preventif pola hidup sehat, Untuk itu Pemkab Solok telah melakukan upaya, diantaranya Menetapkan pesan kesehatan “Pesan Sehat Arosuka”, Menetapkan ikon kesehatan “Nagari Peduli Sehat, Kabupaten Solok Kuat”, Mencanangkan senam masyarakat sehat setiap hari minggu pagi di Taman Hutan Kota Wisata (THKW) Arosuka.

“Untuk pembangunan kesehatan di Kabupaten Solok sudah dilakukan berbagai hal seperti penempatan tenaga kesehatan di berbagai daerah di kawasan Solok serta selalu berusaha menunjang fasilitas Puskesmas,  dan juga melakukan senam pagi bagi semua masyarakat Solok setiap pagi Minggu. Diharapkan dengan berbagai program kesehatan dan hidup sehat ini mampu mengurangi potensi kematian ibu melahirkan dan bayi, serta menjaga kualitas hidup masyarakat.

Pemerintah akan memfasilitasi pemberian pelatihan bagi tenaga kesehatan ke lapangan guna memenuhi kebutuhan tenaga medis diseluruh wilayah daerah Kabupaten Solok,” kata Gusmal.

Hadir pada kesempatan itu Anggota DPR RI Komisi IX, Suir Syam, M. Kes, MMR, Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan Sugiyanto, S.Pd., M.App., Sc, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat dr. Merry Yulisday, Mars, Sekretaris Daerah Kab. Solok H. Aswirman, S.E., M.M, Para Asisten dan staf Ahli Bupati dan Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kab. Solok. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

580 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*