Pemkab Solok Laksanakan Bimbingan Teknis PPID

Padang, Editor.- Untuk menyamakan persepsi perangkat daerah dalam mengelola informasi publik perangkat daerah yang sesuai dengan Undang- Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemkab Solok melaksanakan Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), bertempat di Rocky Hotel Padang, Padang, 28-29 Maret 2018.

Kegiatan ini bertujuan eningkatkan pemahaman, wawasan, pengetahuan perangkat daerah tentang peran dan fungsi PPID dan PPID Pembantu yang berpedoman padaPeraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman, wawasan dan pengetahuan perangkat daerah dalam mengklasifikasikan informasi publik, mengelola penyelesaian sengketa informasi, serta Meningkatkan keterampilan dalam memanfaatkan aplikasi PPID.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini Sekdakab Solok Azwirman, SE, mengatakanPPID diwajibkan untuk mengklasifikasian dan mengelompokkan informasi informasi tersebut. Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) diwajibkan untuk menyimpan, mengolah dan menyajikan informasi, baik itu informasi yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang diumumkan secara serta merta, maupun informasi yang wajib tersedia setiap saat.

Pada dasarnya, semua informasi tentang penyelenggaraan pemerintah adalah bersifat terbuka, Masyarakat dapat mengetahui seluas-luasnya informasi yang berkenaan dengan jalannya pemerintahan. Namun, beberapa informasi dapat dikecualikan sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 14 tahun 2008.

“Kita berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti bimbingan teknis ini dapat serius serta bersungguh-sungguh dalam mengikuti agenda sesuai yang telah ditetapkan. Semoga seluruh peserta dapat menyerap seluruh ilmu yang didapatkan dalam bimbingan teknis ini serta dapat mengaplikasikannya di instansi masing-masing,” kata Azwirman.

Peserta Bimtek merupakan PPID Utama, PPID Pembantu serta Admin PPID SKPD/Instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok  yang  berjumlah 93 orang. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

927 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*