Pemkab Solok Gelar Peningkatan Kapasitas LKAAM Kabupaten dan Kecamatan

Bupati Gusmal saat memberi sambutan.
Bupati Gusmal saat memberi sambutan.

Batusangkar, Editor.- Salah satu misi kab. Solok tahun 2016-2021 point empat yakni membangun masyarakat sesuai filosofi adat basandi syarak, syarak bssandi kitabullah, syarak mangato, adat mamakai.

Hal itu diungkapkan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya saat membuka secara resmi Sosialisasi Bimbingan Peningkatan Kapasitas Pengurus LKAAM Kabupaten dan LKAAM Kecamatan Se Kabupaten Solok, bertempat di Emersia Hotel Batu Sangkar,Rabu (11/11).

Menurut bupati, kegiatan ini bertujuan memperkokoh jati diri individu masyarakat kab. Solok manurut adat salingka nagari, pusako salingka kaum. Penyelesaian sengketa adat harus dilaksanakan secara berjenjang yang termasuk kedalam program prioritas pembangunan pada point sembilan membangun karakter  sesuai dengan filosofi yang didukung oleh pemerintahan nagari serta melalui peran Lembaga Kerapatan adat Alam Minangkabau. Yakni agar pengurus LKAAM memahami tupoksi di setiap wilayah kerja masing-masing, LKAAM sebagai perpanjangan tangan dari LKAAM Kabupaten Solok dalam pembinaan adat istiadat ke Kerapatan Adat Nagari (KAN). C. Lembaga LKAAM dapat melestarikan dan mengembangkan adat istiadat, nilai budaya sosial masyarakat Minangkabau dan adat salingka nagari, LKAAM dapat memahami terkait alur penyelesaian sengketa adat yang akan ada di nagari, baik melalui musyarawarah di kerapatan adat nagari maupun melalui pengadilan negeri, dan tersusunnya draft juknis panduan penyelesaian sengketa adat nagari.

“LKAAM satu satunya organisasi kemasyarakatan hukum adat Minangkabau tertinggi yang berpihak pada masyarakat. Sebagai mitra kerja pemerintah dan wadah koordinasi bagi kerapatan adat nagari yang mempunyai fungsi kusuik kamayalasaian karuah mampajaniah,” kata Gusmal.

Sebelumnya ketua panitia kegiatan, Reflidon Dt. Kayo melaporkan, kegiatan ini terlaksana dengan anggaran terbatas, sehingga kita undang 14 LKAAM per Kecamatan serta pengurus LKAAM Kab. Solok.
Diharapkan kepada LKAAM Kecamatan agar nanti menyampaikan hasil dari kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas ini kepada Kerapatan adat Nagari (KAN) serta ke pengurus lain.

Hadir pada kegiatan itu Bupati Solok H. Gusmal Dt. Rajo Lelo, Kadis Pariwisata Nasripul Romika, Kabag Humas Syofiar Syam,  Pengurus LKAAM Kab. Solok dan Pengurus LKAAM Kecamatan se Kab. Solok. ** Tiara/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*