Pemkab Solok Diskusikan Persiapan Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020

Diskusi persiapan Pilkada 2020 di Kab. Solok.
Diskusi persiapan Pilkada 2020 di Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- Pemerintah Kabupaten Solok menggelar diskusi politik terkat persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak  2020, bertempat di Ruang Rapat Solok Nan Indah Arosuka, Senin (7/12).

Hadir pada kegiatan tserbut Bupati Solok H. Gusmal SE, MM, Ketua KPU Ir. Gadis, Ketua Bawaslu Afry Memori, Forkopimda Kab. Solok, Kepala SKPD terkait dan  Ormas di Kabupaten Solok.

Pada kesempatan tersebut Bupati Gusmal menyebutkan, kampanye di Kabupaten Solok ini sudah sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Hari ini merupakan minggu tenang semoga dalam minngu tenang ini benar-benar minggu yang tenang, tenang dari kampanye politik dan tidak ada pelanggaran dan keributan.  Diharapkan kepada kita semua baik dari pemerintah daaerah Forkopimda dan unsur masyarakat Kab solok untuk dapat membantu dan mengawal suksesnya Pilkada 2020 ini,” kata Gusmal.
Bupati juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk datang ke TPS dengan menggunakan hak pilihnya dan jangan sampai ada yang golput karena pilkada ini menentukan masa depan Kab. Solok dalam 5 tahun kedepan. Kesuksesan dalam pilkada ini tidak saja tergantung kepada KPU dan Bawaslu tetapi tergantung kepada kita semua.

“ Saya berharap Pilkada serentak ini dapat suskes sesuai dengan yang kita harapkan dan jangan sampai ada gugatan,” kata Gusmal.

Sementara itu Ketua KPU Kab. Solok, Ir Gadis melaporkan,  TPS di kab solok berjumlah 960 di 78 nagari dan 1 TPS Khusus di Lapas Alahan Panjang. KPU sudah menyiapkan semua protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran covid-19 pada saat pemilihan nanti di TPS seperti apd lengkap ( Baju asmat, Face shield, alat cuci tangan, termogan, dll).
Logistik untuk keperluan pemilihan nanti sudah mulai diditribusikan. Kepada masyarakat untuk tidak takut ke TPS karena KPU sudah melengkapi petugas KPPS dengan APD lengkap sesuai dengan protokol kesehatan.
Seluruh dokumen dan kotak suara suda dibungkus dengan plastik untuk menghindari terkena air dan ia menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan kita semua untuk mensukseskan Pilkada serentak 2020 ini.
“Jika ada kesalahan dalam perhitungan suara silahkan laporkan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Ada ketentuan baru saat ini bahwa pemilih akan ditentukan jam nya untuk datang ke TPS untuk meminimalisir terjadinya kerumunan masa sehinnga mengurangi penyebaran Virus. Semua anggota KPPS sudah dilakukan rapid test, jika ada hasilnya yang rekatif maka akan dilanjutkan dengan test swab,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kab. Solok menyampiakan, masih ada temuan pelanggaran dalam masa pilkada ini. Apabila dalam minggu tenang ada yang melakukan kampanye maka akan ditindak sesuai dengan aturan yang ada karena kampanye diluar jadwal dilarang berdasarkan dengan PKPU.
“Kita akan selalu nencermati dan mengamati kegiatan yg berhubungan dengan logistik pemilu agar tidak ada kekurangan atau kecacatan pada logistik tersebut. Terkait money politik akan terus dipantau dan diantisipasi melalui patroli keliling,” katanya.

Pada kesempatan itu Forkopimda dan seluruh ormas yang hadir menyatakan  siap mengawal, mambantu, dan mensukseskan Pilkada serentak 2020 tersebut.  ** Tiara/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*