Pemkab Mentawai Gelar Simulasi Bencana

Tua Pejat, Editor.- Sebanyak 200 orang personil yang terdiri dari Satgas Penanggulangan Bencana, Polres Mentawai, Satpol PP dan anggota Damkar baru- baru ini melaksanakan apel gabungan kesiapsiagaan bencana. Apel tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati di Tua Pejat.

Apel dipimpin oleh Dandim 0319 ,Letkol Ini Fajar Tri Yulianto. Seusai peaksanaan apel dilanjutkan dengan praktek simulasi pencegahan bencana bersama 100 orang personil dari Satgas Penanggulangan Bencana selama lima hari.

Dalam arahannya Kepala BPBD Nurdin mengatakan, wilayah Mentawai merupakan daerah rawan bencaa, sehingga perlu kesiapsiagaan petugas disetiap kecamatan untuk membantu masyarakat yang berada disekitar lokasi ketika terjadi bencana.

Lebih jauh Nurdin mengatakan, personil yang menjadi satgas PB haruslah mereka yang memang terpanggil jiwanya dan tangguh. Apel kesiapsiagaan yang yang dilakukan ini adalah dalam rangka mengantisipasi penanganan bencana serta mengukuhkan personil Satgas PB untuk ditugaskan di seluruh kecamatan, karena Memtawai adalah salah satu daerah yang rawan bencana.

Sementara itu Dandim 0319 Mentawai Letkol Ini, Fajar Tri Yulianto mengatakan, setelah personil yang dikirim masing- masing kecamatan harus bisa menerapkan penanganan bencana dilapangan. Dalam penanganan bencana dikatakan Fajar, perlu adanya sinergitas bersama sekurangnya antar tim Satgas PB. Hal itu dilakukan melalui maagement satgas terpadu dengan mengerahkan  sumber daya yang ada, juga memerkokoh kerjasama dengan pihak TNI, Polri, dan masyarakat serta mitra lainnya.

Ditekankan Fajar, setiap petugas Satgas harus menermati berbagai potensi kerawanan agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat menganggu dan menghambat pembangunan daerah. ** Daniwarti

 

701 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*