Pemilu Usai, Walikota Payakumbuh Ajak Semua Komponen Kembali Bersatu

Wako payakumbuh memberikan penjelasan kepada awak nedia seputar Pileg DPRD Payakumbuh.
Wako payakumbuh memberikan penjelasan kepada awak nedia seputar Pileg DPRD Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- Menyikapi hasil penghitungan suara pemilihan anggota DPRD Kota Payakumbuh pada Pemilu 17 April lalu, menunjukkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan keluar sebagai pemenang Pemilu.

Untuk itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang juga kader PKS menyampaikan beberapa pesan penting.

“Pertama, sebagai walikota kami bersyukur bahwa proses Pemilu serentak didaerah kita sejauh ini telah berlangsung aman dan damai. Kepada warga dan seluruh komponen yang terlibat dalam proses ini kami mengucapkan terima kasih banyak,” ujar Riza Falepi saat dihubungi Minggu (21/4).

“Kemudian, menanggapi hasil sementara pemilihan DPRD kota yang datanya dihimpun dari TPS-TPS yang semuanya sudah menyelesaikan penghitungan, dikatakan PKS untuk sementara unggul dari partai lainnya dan diprediki akan mengisi posisi Ketua DPRD kedepan. Sebagai kader kami tentu senang dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Payakumbuh, Namun kita tunggulah hasil penghitungan resmi dari KPU,” tambahnya.

Dikatakan, kemenangan sementara PKS tersebut tak lepas dari kerja keras segenap kader dan simpatisan partai serta doa dan dukungan masyarakat Payakumbuh. Dirinya juga melihat faktor cottail effect juga menjadi tambahan perolehan suara dalam pemilihan umum di Payakumbuh dan Provinsi Sumatera Barat dan turut mendongkrak perolehan suara partainya.

“Saya fikir, faktor Capres turut berperan sehingga PKS dan partai-partai pendukung pasangan capres ini mengalami kenaikan suara. Jelas ini akibat suara Pilpres yang berdampak pada suara partai dan kebetulan di sini cukup tinggi suara capres yang didukung pks sehingga berdampak pada PKS dan partai pendukung yang lain,” ujar Riza.

Terlepas dari itu walikota menghimbau, apapun hasil Pemilu yang nantinya akan ditetapkan oleh KPU, agar diterima dengan lapang dada. Menurutnya itu adalah suara dan amanah rakyat yang harus dihormati dan dijalankan selama lima tahun kedepan.

“Biduak lalu, kiambang batauik. Mari kita rajut kembali jalinan silaturahmi yang kemarin kalo ada yg renggang akibat perbedaan pilihan. Kita akhiri friksi-friksi yang mengiringi jalannya pesta demokrasi di daerah kita. Kedepan, mari kita kembali seiya sekata, dan saling bekerjasama dalam membangun Kota Payakumbuh yang kita cintai ini,” ajak Walikota Riza Falepi.

Tahapan Pemilu 2019 sendiri saat ini telah memasuki tahap rekapitulasi penghitugan suara ditingkat kecamatan. Rekapitulasi dilakukan setelah seluruh TPS yang ada di Payakumbuh (341 TPS, red) menyelesaikan penghitungan suara mereka. Saat berita ini diturunkan, proses rekapitulasi sedang berlangsung di lima kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh. ** Yus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*