Pemilu di Solsel Berjalan Aman dan Terkendali, Jum’at Pagi Rekap Suara Dimulai

Pengangkutan kotak suara ke tingkat kecamatan.
Pengangkutan kotak suara ke tingkat kecamatan.

Solok Selatan, Editor.- Penghitungan suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Solok Selatan ditingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dimulai Jumat (12/12/2020) ditujuh Kantor Camat di Solok Selatan.

Namun kondisi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Solok Selatan berjalan dengan aman dan terkendali, berdasarkan hasil pemantauan KPU, Bawaslu, dan Pemkab Solok Selatan di 461Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desember 2020 hingga sekarang.

Mulai dari pelaksanaan pencoblosan hingga penghitunangan suara di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan, Nila Puspita mengatakan, pelaksana Pilkada di Solsel berjalan aman, dimana saat ini semua kotak suara dari masing-masing KPPS sudah berada di Panitia Pemungutan Kecamatan.

Dia mengatakan, untuk rekapitulasi di PPK sesuai jadwal, dilaksanakan pada 10- 14 Desember. Sedangkan untuk rekapitulasi di KPU 13-17 Desember 2020.

“Jika tidak ada gugutan, penetapan hasil Pemilu paling lambat 5 hari setelah diumumkan buku register perkara,” Kata Nila Puspita kepada wartawan, Kamis (10/12) di kantor KPU.

Dia mengatakan, bahwa penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan hasil pemilihan, paling lama 5 hari, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memberitahukan registrasi perkara konstitusi kepada KPU.

Sedangkan untuk pengusulan pengangkatan calon terpilih, paling lama tiga hari setelah ditetapkan swbagai calon terpilih jika tidak ada sangketa.

“Hari ini belum ada Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) yang melaksanakan rekapitulasi, namun direncanakan besok, Jum’at (12/12) sudah memulai rekapitulasi ditingkat kecamatan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, terkait Real Count (hitungan cepat) hasil Pilkada Solsel, itu merupakan dari KPU RI. Pihaknya kata Nila, dari Kabupaten hanya mengirim e-rekap ke aplikasi si rekap.

Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

“Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan,” ulasnya.

Dikatakannya lagi, bahwa data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka.

“Jadi data yang sudah beredar belum data resmi, dan data rekapitulasi suara akan dilakukan secara berjenjang hingga penetapan calon pemenang pemilu,” tuturnya.

Sementara, Sekdakab Solok Selatan, Fidel Efendi mengatakan, sejauh ini pantauan pelaksanaan Pilkada di Solsel dari hasil pantauan tim pemantau, baik tim pemantau Kabupaten, Kecamatan dan nagari berjalan dengan sukses aman dan terkendali.

“Dari hasil pantauan tim pemantau yang tersebar di tujuh kecamatan dan 39 Nagari, pelaksanaan Pilkada Solsel berjalan sukses aman, tertib dan terkendali hingga sekaran,” paparnya.

Dia menjelaskan, meskipun ada kendala dilapangan, semua bisa diatasi oleh penyelenggara dan petugas keamanan serta tim pemantau yang ada di masing masing nagari. Dimana kendala itu, bisa langsung diatasi di lapangan.

“Meskipun ada kendala, tentunya tidak ada yang fatal, sehingga bisa diatasi dilapangan. hal ini terlihat hampir di semua TPS, hasil penghitungan suara selesai pada hari itu juga,”ungkapnya.

Pemilihan kepala daerah di Solsel diikuti oleh tiga pasangan calon, dimana ketiganya merupakan putra terbaik kabupaten ini, Yaitu Pasangan Khairunas- Yulian Efi, Pasangan Abdul Rahman-Rosman Efendi dan pasangan Erwin Ali-Marwan Efendi.

Pada pemilihan kepala daerah 2020 di Solsel, sebanyak 112.130 warga Solsel tercatat sebagai pemilih yang tersebar pada 461 TPS.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Solsel, Abdul Rahman beserta keluarga melakukan pencoblosan di TPS 11, Jorong Sungai Lambai Tengah Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir.

Sedangkan Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda beserta keluarga dan Calon Bupati Solsel Khairunas mencoblos di TPS 28 SDN 10, Rimbo Tangah, Nagari Lubuk Gadang, Kecacaman Sangir.

“Saya sendiri melaksanaan pencoblosan di TPS 01 Nagari Pasir Talang Bara, dan kita bersyukur hingga kini pemilu berjalan dengan aman dan terkendali,” tuturnya. ** Natales Idra/Sus

401 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*