Pemerintah Nagari Aia Gadang Semarakkan Khatam Alqur’an Yang Keempat

Arak-arakan anak-anak yang khatam Alqur'an di Nagari Aia Gadang.
Arak-arakan anak-anak yang khatam Alqur'an di Nagari Aia Gadang.

Pasbar, Editor.- Ingin melahirkan generasi yang berpedoman kepada Alqur’an serta mengamalkan kandungan yang ada di dalamnya tampaknya tidak isapan jempol belaka.

Bertempat di halaman Kantor Wali Nagari Aia Gadang sebanyak 234 anak didik yang tersebar di 25 Tempat Pengajian Alquran (TPA) se Nagari Aia Gadang di wisuda Khatam Alqur’an.

“Khatam Alqur’an se Nagari Aia Gadang yang ke empat ini mewisuda sebanyak 234 anak yang sudah menamatkan bacaan Alqur’an di TPA masing – masing,” ujar Ketua BKAS Bulkaini kepada media  ini.

Ia merinci, dari 234 anak yang diwisuda hari ini diantaranya Wisuda Khatam Al-Qur’an berjumlah 227 dan Wisuda Pondok Tahfizh Nagari Aia Gadang berjumlah 7 orang.

Bulkaini mengatakan, program yang telah dilahirkan melalui ide serta gagasan yang di dukung pihak Wali Nagari Aia Gadang. Guna melahirkan generasi – generasi yang mampu menjadikan alquran sebagai pedoman hidup. Juga,  melatih generasi Nagari Aia Gadang mau serta mengamalkan syariat Islam di dalam kehidupan mereka nantinya.

Pencapaian lainya yang telah dilakukan bersama – sama pemerintahan Nagari Aia Gadang seperti  menggalakan didikan subuh, magrib mengaji,pondok alquran, TPA dan MDA yang telah berjalan, hingga saat ini tetap mendapat dukungan serta dorongan baik moril dan materil dari Pemerintahan Nagari Aia Gadang serta para tenaga pendidik masing – masing TPA dan MDA.

Sementara itu, Pj Wali Nagari Aia Gadang Jamaris mengatakan, sangat berterima kasih kepada Da’i Nagari dan tenaga pendidik TPA maupun MDA yang telah bahu membahu memberika  ilmu dan pengetahuan dalam menjadikan alquran sebagai pedoman kehidupan serta lebih mengenalkan serta mengamalkan nilai – nilai Alqur’an dalam diri generasi -genetasi penerus Aia Gadang.

Di samping itu program baca dan tulis Alqur’an di Nagari Aia Gadang dengan telah terbentuknya TPA atau MDA di setiap kejorongan yang ada di Nagari Aia Gadang mampu melahirkan penghafal – penghafal Alqur’an dan tidak ada lagi anak – anak maupun generasi selanjutnya yang tidak pandai membaca alquran dan melafazkannya,  tidak hanya untuk diri pribadinya jika kelak besar juga dapat menularkan kepandaiannya kepada teman, sahabat, tetangga dan masyarakatnya.

Pemerintah Nagari Aia Gadang sangat berterina kasih kepada semua pihak terutama kepada orang tua mendaftarkan anak – anak mereka untuk dibina dan di ajarkan dengan ilmu yang ada dalam alquran semoga kedepan generasi – generasi aia gadang gudang nya penghafal dan melahirkan generasi alquran tingkat Nasional.

Dalam kegiatan wisuda Khatam Alqur’an yang ke empat tersebut, guna menyemarakkan suasana, pihak panitia memperkenalkan tradisi badikia gandang dalam mengiringi arak – arakan ratusan anak wisuda khatam alquran tersebut.** Buyung

 

96 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*