Pemda Pasaman Barat Hadiri Wisuda Tahfidz Qur’an Angkatan Ke-V SMA Negeri 1 Talamau

Pemda Pasaman Barat Hadiri Wisuda Tahfidz Qur'an Angkatan Ke-V SMA Negeri 1 Talamau
Pemda Pasaman Barat Hadiri Wisuda Tahfidz Qur'an Angkatan Ke-V SMA Negeri 1 Talamau

Pasbar, Editor.- Rasa bangga dapat hadir dan menyampaikan visi misi dan program unggulan Pemerintah Daerah (Pemda) Pasaman Barat (Pasbar) yakni membaca Al-Qur’an atau Tahfidz Al-Qur’an. Alhamdulillah, wisuda saat ini adalah angkatan ke-V yang berjumlah 44 siswa. Mari gemar membaca Al-Qur’an, sehingga 10 hingga 20 tahun kedepan 30 persen masyarakar Pasbar menjadi penghafal Al-Qur’an.

Hal itu diungkapkan Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Staf Ahli Edison Zelmi, Camat Talamau Andre Affandi, dan Kepala SMAN 1 Talamau Azwir serta stakeholder terkait saat menghadiri Wisuda Tahfidz Qur’an Angkatan Ke-V SMA Negeri 1 Talamau Tahun Pelajaran 2022/2023, Selasa (7/3) di Hall SMAN 1 Talamau, Kecamatan Talamau.

Ia menyebutkan, program tahfidz pada tingkat SD dan SMP juga telah diterapkan dan berjalan dengan baik. Siswa diminta menghafal 4 hingga 5 ayat setiap minggunya. Pada hari Rabu dan Sabtu jam 11.00, para siswa harus menyetor hafalan ayatnya tanpa adanya paksaan dari guru dan pembina.

“Target kita agar siswa di tingkat SD dan SMP membaca dan menghafal 4 hingga 5 ayat dalam 1 minggu. Tamat SD sudah hafal Al-Quran 9 juz, tamat SMP bisa tambah 3 juz, dan tingkat SMA bertambah 3 hingga 4 juz lagi. Sehingga 10 atau 20 tahun kedepan, 30 persen masyarakat Pasbar mampu menghafal Al- Qur’an,” ucap Hamsuardi.

Program unggulan bidang agama lainnya adalah Magrib Mengaji. Hal tersebut bertujuan, agar seluruh rumah di Pasbar melantunkan ayat suci Al-Qur’an selepas sholat magrib menjelang isya. Baik seorang bapak, ibu atau anak harus terbiasa membaca minimal 4 hingga 5 ayat Al-Qur’an.

Di bidang kesehatan tambahnya, per Januari 2023 telah diberlakukan UHC di Pasbar yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Adanya kerjasama tersebut, bertujuan agar masyarakat Kabupaten Pasaman Barat bisa berobat gratis di pelayanan kesehatan yang ada seperti Puskesmas, RSUD, RSI Yarsi dan pelayanan kesehatan lainnya hanya dengan membawa KK dan KTP.

“Program ini merupakan salah satu visi misi dan keseriusan kami dalam memberikan pengobatan gratis bagi warga ber-KTP Pasbar, terutama bagi warga miskin atau kurang mampu,” tangkasnya.**Diskominfo

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*