Pembukaan Festival Seni Budaya Anak Nagari Tahun 2016

Arosuka, Editor.- Pembukaan Festival Seni Budaya Anak Nagari Tahun 2016 Dilaksanakan di Lapangan Arosuka Kab.Solok pada tanggal 17 Desember 2016. Acara ini dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, Ketua DPRD Kab.Solok  Hardinalis, Ketua TP PKK Kab.Solok Hj. Desnadevi Gusmal, plt Sekda Kab.Solok Edisar, Wakil Ketua DPRD Kab.Solok Septrismen dan jajaran SKPD lainnya, dan plt Kadis Pariwisata Yandra.

Dalam laporan ketua pelaksana, Yandra menyampaikan bahwa waktu pelaksanaan acara pelestarian dan perkembangan Seni Budaya Anak Nagari dilaksanakan dari tanggal 17 Pembukaan s/d 25 Desember 2016.  Cabang yang akan diperlombakan adalah Randai (25 grup), Indang (9 grub), Tari Piriang (25 grub) dan Lagu Minang. Acara pembukaan seni budaya Anak Nagari ini dihibur oleh, Rayola, Yen Rustam, Elsa Pitaloka, Ipang, Edi Cotok, dll.

Tujuan pelaksanaan acara ini adalah dalam rangka pelestarian dan pengembangan Seni Budaya Anak Nagari dan juga perkembangan dan Promosi potensi kepariwisataan khususnya seni dan budaya di Kab.Solok. Pemenang akan ditetapkan tiga (3) pemenang untuk setiap diperlombakan dan masing-masing pemenang akan menerima hadiah tropy, piagam dan tabanas

Dalam sambutannya, Gusmal mengatakan bahwa dalam Acara Pembukaan festival Seni Budaya Anak Nagari ini, ia mengajak bersama-sama melestarikan dan pengembangan seni budaya Nagari, dan promosi potensi kepariwisataan khususnya seni dan budaya di Kab.Solok. Kesenian Anak Nagari seperti Randai, Indang, Tari Piriang dan Lagu Minang perlu dikembangkan supaya Kabupaten Solok terkenal dengan kesenian budaya dan tempat wisatanya yang indah, banyak dikenal oleh semua kalangan, baik dalam Daerah maupun Nasional, tambahnya.

Gusmal Memberikan Sambutan
Gusmal Memberikan Sambutan

“Pada tahun 2017 kita akan mulai pembangunan Taman Hutan Kota Terpadu Arosuka (THKT) dan juga untuk 5 tahun kedepan kita akan kembangkan juga wisata kita dengan 3 danau yang sudah kita kenal dengan danau ateh,danau bawah dan danau singkarak”.

Gusmal berkomitmen untuk kedepannya ia juga akan mengembangkan kawasan Arosuka ini, karena ibu kota Kab.Solok sekarang terletak di Arosuka, dan juga bagaimana pengunjung akan mengenal arosuka dengan berbagai tempat kawasan bermain atau liburan anak-anak (Tidak Mengenal Tugu Ayam Adalah Arosuka) tetapi seperti THKT Arosuka, juga akan dikenal oleh semua kalangan yang datang ke Arosuka. Semoga acara kesenian Anak Nagari ini bisa mengembangkan bakat anak-anak kita dalam masalah kesenian dan budaya, Ujarnya.

1225 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*