Peduli Gempa Pasbar, Pemkab Pessel Kirim 1 Ton Beras, Sembako dan Tim Tagana

Kadis Sosial, Wendra Rovikto menyerahkan bantuan dari Pemkab Pessel Ke Pemkab Pasbar.
Kadis Sosial, Wendra Rovikto menyerahkan bantuan dari Pemkab Pessel Ke Pemkab Pasbar.

Painan, Editor.- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, menyalurkan bantuan kepada warga Pasaman Barat yang menjadi korban Gempa pada Jumat, (25/2) kemarin.

Adapun bantuan yang diberikan antara lain beras sebanyak 1 ton, telur 20 tikar, air mineral 12 dus, mie instan gelas 32 dus, mie instan 30 dus, susu kental manis 4 kotak, susu bayi 2 dus, biskuit 2 dus dan baju siap pakai masing-masing 3 dus dan 3 karung.

Bupati Rusma Yul Anwar.
Bupati Rusma Yul Anwar.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk kepeduliannya sebagai sesama umat terhadap musibah yang dialami. Dengan adanya bantuan tersebut setidaknya dapat mengurangi rasa kesedihan yang menimpa bagi korban gempa tersebut.

Rusma Yul Anwar melanjutkan, dalam penyaluran bantuan tersebut ia langsung  mengintruksikan kepala Dinas Sosial setempat untuk memberikan bantuan tersebut.

Selain itu pada Sabtu, (26/2) pemerintah daerah melalui Dinas Sosial Pessel, juga mengirimkan petugas Tagana untuk membantu mengevakuasi korban gempa di Pasaman Barat.

“Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap sesama dan saudara yang terdampak musibah gempa di Pasaman Barat, sabtu kemarin juga telah diberangkatkan petugas Tagana dari Pessel, bersama bantuan logistik seperti beras, mi instan, selimut, pakaian dan kebutuhan bayi dan balita,” ujar Bupati Rusma Yul Anwar pada Editor, Senin (28/2/2022).

Bupati Rusma juga menyampaikan, saat ini dari pemerintah daerah dan berbagai lapisan masyarakat di Pessel, juga telah mulai menjalankan sumbangan untuk membantu korban gempa di Pasaman Barat.

“Kita dari pemerintah daerah juga telah menjalankan sumbangan bantuan korban gempa di Pasaman, dan itu juga dilakukan dari berbagai kalangan masyarakat di Pessel,” ungkapnya.

Bantuan dari Pemkab Pessel.
Bantuan dari Pemkab Pessel.

Dengan tingginya tingkat kepedulian yang sudah bermunculan dari berbagai kalangan dan elemen masyarakat, kata Rusma, bahkan sudah ada yang menyalurkannya langsung kepada korban gempa.

Rusma berharap, tingginya tingkat kepedulian terhadap sesama dan saudara yang terdampak musibah gempa Pasbar dan Pasaman, hendaknya dapat meringankan beban para korban.

“Kami berharap, uluran tangan dari seluruh lapisan untuk korban gempa Pasaman Barat, dapat membantu dan meringankan beban mereka,” harapnya.

Rusma mangajak korban gempa Pasbar dan Pasaman, untuk tetap tabah dan sabar dalam menghadapi setiap cobaan atau musibah yang telah terjadi.

“Kepedulian mendalam dan doa saya sematkan kepada saudara kita di Pasaman Barat, baik-baik saja dan kondisi ini cepat berlalu, dan cepat sehat bagi korban yang terluka,” katanya

Secara terpisah Kepala Dinas Sosial Pesisir Selatan Wendra Rovikto menyampaikan selain bantuan dari pemerintah Kabupaten dan Baznas, Ikatan Uda dan Uni serta asosiasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pesisir Selatan juga mengumpulkan donasi.

“Bantuan Itu sudah kita Serahkan Ke posko utama dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto,” tutupnya.

Seperti diketahui gempa bumi di pasaman barat dan pasaman terjadi pada 25 Februari 2022, yang berkekuatan magnitudo 5,2 dan disusul gempa kedua dengan kekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Wilayah Sumatera Barat, tepatnya 17 km timur laut Pasaman Barat tepatnya di Kecamatan Talamau.

Akibat gempa tersebut, hingga saat ini diketahui 11 warga meninggal dunia, Enam orang di Kabupaten Pasaman dan lima orang di Kabupaten Pasaman Barat. Disamping itu, data sementara yang berhasil dihimpun Editor meliputi korban luka berat 42 orang, luka ringan 346 orang, hilang 4 orang dan warga yang mengungsi kurang lebih mencapai 13 ribu jiwa. ** Findo/Adv

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*