PDAM Kota Padang Panjang, Bangun Sumber Air Bersih Baru

Padang Panjang,Editor. – Keseriusan PDAM kota Padang Panjang dalam meningkatkan pelayanan optimal (Service of Excellent) kepada masyarakatnya terus diupayakan. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan membangun dan mengembangkan sumber air bersih yang baru  untuk disalurkan kepada masyarakatnya.

“Untuk tahun ini, kita akan memproduksi air bersih berkapasitas 100 liter/detik yang bersumber dari salah satu mata air di kawasan kaki gunung Singgalang. Guna keperluan tersebut, kita akan memanfaatkan dana bantuan APBD Provinsi Sumbar tahun 20016 senilai Rp.14 milyar,” kata Direktur Utama PDAM Padang Panjang Herryzal AA,SE,MM, di ruang kerjanya, Selasa (15/6).

Dengan sumber yang baru itu, nantinya PDAM Padang Panjang akan memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen yang berjumlah tidak kurang dari 7.900 pelanggan. Berdasarkan jumlah tersebut, berarti PDAM Padang Panjang sudah mencapai cakupan pelayanan sebanyak 85 persen dari jumlah penduduk sekitar 60 ribu jiwa.

Saat ini, dari 5 sumber air yang ada, PDAM Padang Panjang baru mampu memproduksi air bersih lebih kurang 150 liter/detik. “Dengan dibangunnya sumber air baru berkapasitas 100 liter/detik itu, berarti nantinya PDAM Padang Panjang bakal memiliki 6 sumber air bersih berkapasitas sebanyak 250 liter/detik,” ujar pria berkumis yang akrab disapa Erik itu.

Pada bagian lain, Herryzal tak membantah kalau sejak memimpin PDAM Padang Panjang setahun lalu, dia bersama jajarannya mengelola dan meningkatkan keterbukaan informasi mengenai PDAM Kota Padang Panjang. Atas usaha tersebut, perusahaannya berhasil meraih peringkat satu keterbukaan informasi publik 2015 tingkat Sumatera Barat (kategori BUMD) dari Komisi Informasi Publik (KIP) Sumbar. Disusul kemudian PDAM Padang, PT. Balairung, PDAM Kabupaten Agam dan PDAM Kota Payakumbuh.

Acara penganugerahan itu dihadiri Irman Gusman (Ketua DPD RI), Emma Yohana (Anggota DPD RI ), Abdulhamid Dipopramono (Ketua KI Pusat ), Hendra Irwan Rahim (Ketua DPRD Sumbar), dan Syamsu Rizal (Ketua KI Sumbar). Piala dan piagam penganugerahan untuk kategori BUMD diserahkan Ketua Informasi Provinsi Sumatera Barat Syamsu Rizal di Padang, akhir Desember lalu. ***Martawin

 

1271 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*