Pantau Kehidupan Petani, Saidal Masfiyudin Bertekad Dorong Pengolahan Gambir

Pantau Kehidupan Petani, Saidal Masfiyudin Bertekad Dorong Pengolahan Gambir
Pantau Kehidupan Petani, Saidal Masfiyudin Bertekad Dorong Pengolahan Gambir

Painan, Editor.- Tokoh masyarakat Pesisir Selatan, Saidal Masfiyudin melihat dari dekat industri pengolahan gambir di Kampuang Ampalu Kenagarian Gantiang Mudiak Surantih, Kecamatan Sutera, Rabu (21/6/2023) ketika TVRI Sumbar melakukan reportase bincang-bincang dengan petani gambir di kampung tersebut.

Saidal Masfiyudin, yang juga Calon Anggota DPRD Sumbar 2024-2028 itu juga menggali informasi seputar industri pengolahan gambir di Pessel yang masih konvensional sehingga belum berdampak untuk peningkatan kesejahteraan petani karena harga gambir masih berkisar antara Rp.65.000 hingga Rp.75.000 per kilogram, sedangkan industri kosmetik mengimpor gambir yang diolah oleh pabrikan luar negeri dengan harga Rp. 1 juta per 1 miligram.

Kehadiran Saidal Masfiyudin cukup menyemangati petani gambir di Ampalu Kenagarian Gantiang Mudiak Surantih, Kecamatan Sutera-Pessel. Pasalnya, Saidal yang pernah menjadi anggota DPRD Sumbar itu sangat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat petani gambir melalui peningkatan mutu.

Saidal mengharapkan perhatian Pemkab Pessel untuk mendorong industri pengolahan gambir, sehingga dengan adanya dorongan tersebut akan meningkatkan nilai tambah dan secara otomatis akan mendongkrak pendapatan petani gambir.

“Produksi gambir di Pessel berpotensi untuk lebih ditingkatkan dan diolah lebih lanjut sehingga suatu saat nanti Pessel bisa jadi pemasok industri kosmetik, farmasi, tekstil, cat dan tinta. Namun sayan pemerintah daerah tidak memberikan dukungan, pada hal akan mendukung perekonomian Pessel,” ungkapnya.

Guna memacu petani gambir, Saidal Masfiyudin yang akan maju melalui Partai Golkar tersebut akan memberikan perhatian yang fokus untuk petani gambir khususnya dan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan serta industri pengolahan lainnya. **Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*