Pangkalan Kembali Dilanda Banjir,Tiga Warga Hanyut Dibawa Arus

Tim BPBD Kab. Limapuluh Kota di lokasi banjir.
Tim BPBD Kab. Limapuluh Kota di lokasi banjir.

Pangkalan, Editor.- Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota mengakibatkan sejumlah daerah di landa banjir, Bahkan tiga warga di Pangkakan hanyut terseret arus air sungai batang maek yang meluap.

Bencana banjir yang menerjang  Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Kotobaru, Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (3/2/2019) sangat menghkhawatirkan menurut Walinagari Pangkalan Rifdal Laksamano melalui Sekretaris Nagari, Hari Mandala, kepada awak media.

Dijelaskannya, musibah banjir yang terjadi di daerahnya tiga orang warga Jorong Lakuak Gadang dikabarkan hanyut terseret arus air yang cukup deras.

“Ada 3 orang warga kita di Jorong Lakuak Gadang hanyut. Kabar musibah hanyutnya 3 orang warga itu, kita terima Minggu sore (3/2/2019) pukul 17.00 Wib. Dilaporkan  1 orang  korban bernama Fikri (23 tahun) yang terseret harus sepanjang 1 km sudah ditemukan dengan kondisi selamat. Sedangkan 2 orang korban lainnya masing-masing bernama Riki (17 tahun) dan Febi (17 tahun) sampai Minggu sore (3/2/2019) pukul 18.00 Wib, masih dicari warga setempat bersama aparat Kecamatan dan pihak kepolisian Sektor Pangkalan,” kata Sekretaris Nagari, Hari Mandala.

Menurut informasi dari Sekretaris Nagari, Hari Mandala, peristiwa hanyutnya ke tiga warga Jorong Lakuak Gadang tersebut, berawal ketika ketiga korban hendak menolong atau mengevakuasi warga yang terjebak banjir dengan mengunakan sebuah sampan.

Namun diluar dugaan  sampan yang akan dipergunakan untuk mengevakuasi warga tiba-tiba dihantam gelombang arus sungai yamg deras sehingga sampannya terbalik,ketiganya di hanyutkan diseret air sungai yang deras.

Peristiwa bencana alam yang menghanyutjan  ketiga warga Jorong Lakuak Gadang tersebut sudah dilaporkan ke tingkat pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

“Dari laporan yang diperoleh, saat ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota bersama  tim penanggulangan bencana sudah menuju ke Pangkalan untuk memberikan bantuan,” ungkap Sekretaris Nagari, Hari Mandala. 

Sementara Kepala BPBD Limapuluh Kota Joni Amir yang di hubungi media ini melalui Whast App nya mengatakan korban yamg hanyut di kecamatan Pangkalan  adalah, Riki dan Febi.  Kronologis hanyutnya ketiga korban itu  menurut anggota tim reaksi cepat BPBD Limapuluh Kota yang telah turun ke lokasi mengatakan,  ketiga korban itu sedang mandi mandi  dan naik perahu, saat naik perahu itu datang arus air yang deras, perahunya terbalikr.

Lokasi anak itu mandi di Simbubun, Jorong Tigo Balai dan daerah lain yang terkena banjir adalah Jorong Pasa Usang, Jorong Banjar Ranah di Nagari Pangkalan dan Nagari Durian Tinggi di Kecamatan Kapur IX jembatan di Jorong Nenan Nagari Maek juga mengalami kerusakan akibat banjir, penyebab banjir adalah akibat hujan deras  di kawasan Kab. Limapuluh Kota, tambahnya. ** Yus

701 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*