Pacu Kuda di Kota Solok Banjir Pengunjung

Solok, Editor,- Pacu kuda yang digelar Pemerintah Kota Solok, Sabtu (13/5) dibanjiri masyarakat dari berbagai daerah, termasuk wisatawan dari mancanegara. Pacu kuda dilaksanakan Sabtu dan Minggu tanggal 13 dan 14 Mei 2017, diikuti 70 ekor kuda dari sejumlah daerah , termasuk dari luar Sumatera Barat dan menampilkan 11 race di hari pertama dan 14 race di hari kedua.

Pacu Kuda 2017 ini dibuka secara resmi oleh Walikota Solok Zul Elfian  didampingi oleh Wakil Walikota Solok Reinier, Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Chan dan Ketua Pengprov Pordasi Sumbar. Hadir dalam pembukaan tersebut Kapolres Solok Kota, AKBP. Susmelawati Rosya,  Dandim 0309/Solok, Letkol Inf. Irwan Harjatmono, Ketua LKAM Kota Solok, H. Rusli, Ketua Bundo Kanduang, anggota DPRD Kota Solok, Kepala OPD di lingkungan Pemko Solok, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Zul Elfian saat memberi sambutan.
Zul Elfian saat memberi sambutan.

Acara pacu kuda ini didukung penuh oleh Ketua DPRD Kota Solok Yutris Chan untuk mengembalikan lomba pacu kuda sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. Bagi Kota Solok pelaksanaan pacu kuda tersebut merupakan sebuah daya tarik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun dari mancanegara.

Dalam pembukaan acara tersebut Walikota Solok menyampaikan, ivent Pacu Kuda yang masih tetap digemari masyarakat ini akan tetap dipertahankan. Apalagi Kota Solok memiliki gelanggang pacu kuda yang terletak hanya lebih kurang 2 Km dari Pasar Solok ke arah Utara, sehingga masyarakat sekitar gelanggang pacuan bisa memanfaatkan iven ini sebagai peluang untuk peningkatan ekonomi.

“ Pacu kuda kali ini sifatnya Alek Nagari, Kota Solok dan sengaja tidak memungut biaya kepada pengunjung. Kegiatan pacu kuda ini didukung dengan dana APBD Kota Solok. Pemko Solok akan mendukung penuh kegiatan olahraga, apalagi yang dapat memberikan kontribusi positif pada sektor pariwisata,” kata Zul Elfian

Lebih jauh dikatakannya, semua yang positif dan untuk kemajuan Kota Solok kita dukung. Kita juga berikan apresiasi kepada Panitia Pelaksana yang telah mampu untuk melaksanakan iven masyarakat ini. Dan semoga acara ini dapat menghibur masyarakat,   ulasnya.

 

Sementara Wakil Walikota Solok, Reinier, mengatakan, dengan sistim gratis atau tanpa karcis masuk diharapkan keinginan masyarakat untuk menonton pacu kuda akan terus meningkat. Wawako juga berharap agar panitia bekerja lebih maksimal baik dari segi pengamanan dan ketertiban penonton, sehingga insiden-insiden yang tidak diinginkan dapat teratasi.

“Tentunya disisi lain kita berharap, dengan dilaksanakan acara pacuan ini, akan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, serta memberikan hiburan yang murah bagi segenap warga kota dan para pecinta pacu kuda di Sumatera Barat pada khususnya dan nasional pada umumnya,” ucap Reinier.**Roni Akhyar/Pendra Irwanto

1416 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*