PA dan KPA Kab. Solok Ikuti Bimtek

Bukitinggi, Editor.- Pengadaan barang/jasa merupakan kegiatan untuk memperoleh barang/jasa di lingkungan satuan kerja perangkat daerah yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan hingga diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh barang/jasa. Pengadaan barang/jasa ini di atur dalam Pepres No.54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa dalam BAB II dinyatakan Tata Nilai Pengadaan. 

“Tanggung jawab perencanaan pengadaan berada pada pengguna anggaran (PA) atau kuasa pengguna anggaran (KPA). Untuk itu PA/KPA harus memahami aturan – aturan tentang pengadaan barang/jasa. Selain itu PA juga merangkap sebavai pejabat pembuat komitmen (PPK),” kata Plt Sekdabak Solok, Edisar dalam arahannya pada Bimbingan Teknis Pengadaan Barang/Jasa Bagi PA, KPA dan PPTK di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Solok, bertempat di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Selasa (7/3).

Lebih lanjut dikatakan, kepada seluruh anggota bimtek diharapkan tidak ada keraguan dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa selagi masih dalam koridor aturan yang berlaku.

“Diharapkan kepada peserta bimtek untuk mengikuti bimtek dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami proses pengadaan barang dan jasa dan  dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan kegiatan pengadaan barang/jasa,” kata Edisar.

Sebelumnya Kabag Pembangunan, Ardi yang juga sebagai ketua pelaksana bimtek menjelaskan, bimtek bertujuan meningkatkan pengetahuan pengelola kegiatan terhadap proses pelaksanaan barang/jasa dan menyatukan pemahaman terhadap peraturanserta perundang-undangan yang berlaku tentang pengadaan barang/jasa untuk mewujudkan proses pengadaan barang/jasa yang bersih.

“Materi yang dipaparkan pada bimtek ini merupakan materi yang sangat penting berdasarkan peraturan pengadaan barang/jasa dan perubahannya, serta studi kasus yang sering terjadi dalam proses pengadaan barang/jasa khususnya jasa konstruksi,” jelas Ardi. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

1028 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*