Nurdin Halid Lantik Pimpinan Dekopin Sumbar Masa Bakti 2020-2025

Pelantikan pengurus Dekopin Sumbar.
Pelantikan pengurus Dekopin Sumbar.

Padang, Editor.- Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Provinsi Sumatera Barat (Lemkari Sumbar) masa bakti 2020-2025 yang dipimpin Ir Hendra Irwan Rahim, MM Sabtu (4/11/2021) siang dilantik dan dikukuhkan. Pelantikan dan pengukuhan Ketua Dekopin Sumbar dan jajaran pengurus itu dilakukan langsung Ketua Umum Dekopin Dr HC. H. A.M Nurdin Halid di Grandzuri Hotel, Padang.

Hendra Irwan Rahim yang juga anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya, Sabtu (4/12) mengatakan, seluruh jajaran pengurus yang telah dilantik siap mengemban amanah demi kemajuan perkoperasian di Ranah Minang.

“Setelah pelantikan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekopin Wilayah, Dekopin Daerah dan Dinas yang membidangi koperasi Kabupaten dan Kota seluruh Sumbar,” jelas Hendra.

Pada pelantikan ini,  Nurdin Halid menegaskan pengurus yang dilantik mesti siap memperjuangkan cita-cita gerakan koperasi Indonesia, menyalurkan aspirasi anggota, menjadi wakil gerakan koperasi di dalam dan di luar negeri, serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan koperasi.

Nurdin Halid yang pernah memimpin PSSI Pusat mengharapkan Dekopin Sumbar dalam menjalankan kegiatannya mengacu pada UU No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian pasal 58, antara lain, memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi Koperasi, meningkatkan kesadaran berkoperasi di kalangan masyarakat dengan upaya melakukan kegiatan penerangan, penyampaian informasi, penerbitan dan pembinaan kelompok usaha dalam masyarakat untuk diarahkan menjadi koperasi.

“Yang tak kalah pentingnya, Dekopin Wilayah Provinsi Sumbar mesti melakukan pendidikan perkoperasian bagi anggota dan masyarakat dan mengembangkan kerja sama antar Koperasi dan antara Koperasi dan dengan badan usaha lain, baik pada tingkat wilayah, daerah dan nasional maupun internasional.

Selain saya juga mengingatkan pemikiran Bung Hatta mengenai ekonomi kerakyatan menjadi dasar koperasi Indonesia. Bung Hatta tak hentinya menggelorakan semangat dasar koperasi, maka seyogyannya pada Hari Koperasi Nasional pada tahun 2022 mendatang, Sumbar berkenan menjadi tuang rumah secara nasional,” paparnya.

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan bahwa merefleksi kembali awal berdirinya koperasi menjadi pilar perekonomian nasional seperti yang diamanatkan founding father, maka sepantasnya di Sumatera Barat koperasi menjadi soko guru perekonomian Sumatera Barat sebagai apresiasi terhadap pemikiran Bung Hatta, yang merupakan tokoh kebanggaan Sumatera Barat.** Agusmardi

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*