Nofi Candra, Pemprov Sumbar Harus Pro Aktif Selesaikan Masalah Tukar Guling Pemkab dan Pemko Solok

Arosuka, Editor.- Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat, Nofi Candra meminta lembaga terkait, dalam hal ini Pemprov Sumbar, Pemkab dan Pemko Solok lebih pro aktif menyelesaikan masalah tukar guling pembangunan gedung sidang DPRD Kab. Solok dengan lima aset daerah ini yang telah dimanfaatkan Pemko Solok.

“Ketiga lembaga tersebut harus lebih pro aktif menyelesaikan masalah tukar guling ini karena sampai kini masalah tersebut belum juga selesai walau telah selesai dibangun sejak tahun 2016 lalu,” kata Nofi Candra ketika ditemui sepulang dari menghadiri Start Etape 4 TdS 2017 di Dermaga Singkarak, Selasa (21/11).

Bengkalai Gedung Ruang Sidang DPRD Kab. Solok yang kini disebut rumah hantu.
Gedung Ruang Sidang DPRD Kab. Solok yang tak kunjung selesai serah-terimanya.

Menurut Nofi Candra yang berasal dari Saning Bakar, Solok, bila masalah ini tidak segera diselesaikan, tentu akan menjadi presedent buruk terhadap Pemkab dan Pemko Solok, termasuk Pemprov Sumbar yang berkewajiban menyelesaikan masalah ini sesuai dengan arahan Dirjen Keuangan Kementerian Dalam Negeri.  Selain itu, gedung yang dibangun itu akan cepat rusak bila tidak dimanfaatkan karena tidak ada perawatan. Sementara itu gedung sangat dibutuhkan oleh DPRD Kab. Solok untuk kelancaran tugas.

“Kalau ada perbedaan prinsip antara Pemkab dengan Pemko Solok, termasuk Pemprov Sumbar, saya bersedia memediasinya,” kata Nofi Candra yang mengaku sangat prihatin dengan masalah berlarut-larutnya proses serah terima gedung sidang DPRD Kab. Solok tersebut

Sebagaimana yang telah diberitakan media ini dan media di Sumbar lainnya, belum lagi dipakai gedung telah rusk di beberapa bagian, diantaranya di bagian gonjong depan dan bukan tidak mungkin juga pada bagian vital lainnya.

Dari informasi yang berhasil diperoleh, Pemko dan Pemkab Solok serta Pemprov telah mengadakan beberapa kali pertemuan untuk menyelesaikan masalah ini, namun belum berhasil mewujudkan akad serah terima gedung DPRD Kab. Solok yang dibangun Pemko Solok dengan imbalam lima aset yang diserahkan Pemkab Solok,

Walikota Solok Zul Elfian didampingi Kabag Aset Kota Solok ketika ditemui beberapa waktu lalu menjelaskan, pada tanggal 20 Januari 2017 telah mengirimkan kepada Kepala BKD Kab. Solok draft persetujuan “Saling Hibah” pengganti MoU sabelumnya yang telah kadaluwarsa, sesuai dengan kesepakatan pada pertemuan ketiga lembaga terkait pada tanggal 16 November 2016. Namun belum ada jawaban apakah drraft persetujuan tersebut disetujui atau ada yang perlu ditambah atau dikurangi.

Bupati Solok, H. Gusmal, yang dikonfirmasi tentang masalah ini, dia belum mendapat informasi dari stafnya tentang kelanjutan proses serah terima atau saling hibah tersebut.

Sementara itu Kepala BKD Kab. Solok M. Jhoni yang ditemui untuk menelusuri dimana terkendalanya masalah ini minggu lalu mengatakan tidak tahu persis masalah tukar guling tersebut,

“Kalau memang ada surat dari Bagian Aset Kota Solok, beri saya waktu untuk menelusurinya karena saya baru menjabat sebagai Kepala BKB,” kata M. Jhoni. ** Rhian

 

 

 

1537 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*