Nasrul Abit – Ali Mukhni Duet Balon Nahkoda Sumbar Priode 2021 -2025?

IRWAN Prayitno (IP) dan Nasrul Abit (NA) tanggal 12 Februari 2018 lalu genap dua tahun sebagai nahkoda dan wakil nahkoda Sumbar. Artinya, duet IP-NA ini akan berakhir pada 12 Februari 2021. Selanjutnya, nahkoda dan wakil nahkoda yang baru akan dipilih secara langsung pada Pilkada Serentak gelombang keempat tahun 2020.

Berdasarkan pencitraan dan sosialisasi media massa (khususnya media massa cetak dan online), NA dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni (AM) telah mulai mengambil ancang-ancang menuju nahkoda dan wakil nahkoda Sumbar tahun 2010.

Pertama, NA-AM ke studio Indosiar menyaksikan Konser Nominasi Sumbar Liga Dangdut Indonesia.

Kedua, bukan IP (nahkoda) tetapi NA (wakil nahkoda) yang menghadiri peringatan HUT Padang Pariaman ke-185 di aula Kantor Bupati Parit Malintang, Senin (11/1) lalu.

Ketiga, NA di batas kota Padang Pariaman, sebelum Presiden Jokowi meresmikan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, Jumat (9/2), mendampingi AM mendengarkan aspirasi 60 KK (umumnya dari kaum Chaniago Sungai Pisang, Nagari Kasang, Batang Anai), meminta nama proyek pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru diganti dengan nama Jalan Tol Padang Pariaman-Pekanbaru.

NA pun menyampaikannya kepada Menteri PU Basuki Hadimuljono. Sang menteri yang urang sumando Minang ini, menurut relis Humas Pemprov Sumbar, berjanji akan menyesuaikannya nanti.

Ditambah dengan pencitraan dan sosialisasi yang luput diamati, diprediksi NA-AM akan berduet sebagai pasangan balon nahkoda dan wakil nahkoda Sumbar periode lima tahun mendatang. Artinya, pada tahun 2020 yang akan datang, NA berangan-angan sebagai pengganti nahkoda sekarang (IP), dan AM berangan-angan sebagai pengganti wakil nahkoda sekarang (NA).

Seterusnya, menjelang tahun 2010 itu, pencitraan dan pemasyarakatan NA-AM sebagai pasangan balon nahkoda dan wakil nahkoda Sumbar akan terus dihoyaktabuikan. Tukang hoyaknya dipastikan yang di bawah ketiak NA-AM: Humas masing-masing, dan pihak yang di bahwa lutuiknya: pimpinan media massa yang butuh dana untuk menghidupi medianya.

Namun perlu diingat. Walaupun IP terkesan memberi keluasaan kepada NA untuk pencitraan dan sosialisasi, bukan berarti NA sebagai orang yang disiapkan sebagai penggantinya. Penyebabnya, mereka bukan orang separtai. IP orangnya PKS, sedang NA orangnya Gerindra.

Memang keduanya (NA-AM) punya kereta kencana (kendaraan politik). Ali Mukhni Ketua DPW PAN Sumbar periode 2015-2020, dengan masa jabatan berakhir pada Oktober 2020. NA Ketua DPD Gerindra Sumbar periode 2017-2022 dengan masa jabatan berakhir pada April 2022.

Apabila dikaitkan dengan pengalaman sebagai kepala daerah, NA ikik samato dengan AM. NA sekali periode sebagai Wabup Pesisir Selatan, dan dua periode sebagai bupatinya, dan sekarang sedang menjalani amanah sebagai wakil nahkoda Sumbar. AM sekali periode sebagai Wabup Padang Pariaman, dan sedang melaksanakan amanah dua periode sebagai bupatinya.

Walau tertinggal samato dari NA, AM dari sisi lain punya kelebihan, bisa jadi karena berhasil menggaet proyek pusat ke Padang Pariaman, antara lain Diklat Pelayaran, MAN IC, telah berfungsi dan semakin lengkapnya sarana dan prasarana Parit Malintang sebagai Ibukota Padang Pariaman.

Tak kalah pentingnya adalah angan-angan cemerlang AM: membangun Korong Tarok Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2 x 11 Kayutanam sebagai pusat pendidikan tinggi, Diklat kedinasan, dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Apabila berbagai kampus (UNP, ISI, IAIN, Unand), Diklat Kemenpan dan RB, Diklat Agraria, Rumah Sakit Stroke, dan lainnya selesai dibangun, diyakini, kawasan Tarok akan berkembang menjadi kota, yang sudah pasti akan memberi dampak positif kepada masyarakat Korong Tarok, Sumatera Barat pada umumnya.

Berdasarkan prediksi dan spekulasi di atas, dapat disimpulkan bahwa duet NA-AM sebagai Balon NahkodaWakil Nahkoda Sumbar tahun 2010 memang serasi tetapi masih prematur. ** Rafendi

** Penulis adalah  pensiunan PNS Pemkab Padang Pariaman dan wartawan Editor.

744 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*