NASIONALISME DALAM PUISI-PUISI CHAIRIL ANWAR

Bung Karno! Kau dan aku satu zat satu urat

Di zatmu di zatku kapal-kapal kita berlayar

Di uratmu di uratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh

Kutipan di atas adalah penggalan dari puisi berjudul Persetujuan dengan Bung Karno —salah satu puisi yang menunjukkan nasionalisme seorang Chairil Anwar.  Sebenarnya tema puisi-puisi Chairil sangat beragam. Ia menulis tema ketuhanan, keluarga, masalah sosial, cinta, nasionalisme, dan sebagainya. Pada kesempatan ini pembahasan berfokus pada puisi-puisi Chairil yang bertema nasionalisme.

Puisi-puisi Chairil yang bertema nasionalisme tidak banyak. Meskipun begitu, dalam semua puisinya itu ia berhasil menggelorakan semangat perjuangan di dada pembaca. Konsistensi sikap dan keberpihakan Chairil tercermin dalam pilihan diksi yang kuat yang menimbulkan berbagai citraan yang mempengaruhi perasaan pembaca.

Hal berbahasa, Chairil memang jagonya. Sri Sutjianingsih dalam buku Chairil Anwar; Hasil Karya dan Pengabdiannya[1]] menyebutkan bahwa dalam menulis sajak-sajaknya, Chairil membawa perubahan yang radikal. Ia menggunakan bahasa Indonesia yang hidup dan berjiwa. Bukan lagi bahasa buku, melainkan bahasa percakapan sehari-hari yang dibuatnya menjadi bernilai sastra.

Ambil contoh puisi Persetujuan dengan Bung Karno. Diksi-diksinya terasa “hidup”, sehingga pembaca mampu merasakan getaran cinta tanah air yang dialirkan oleh penyairnya. Melalui puisi ini Chairil menyatakan sikap optimis dan memberi semangat pada Bung Karno untuk berkarya bagi Indonesia yang belum lama merdeka. Teks puisi lengkapnya sebagai berikut:

PERSETUJUAN DENGAN BUNG KARNO

Ayo! Bung Karno kasih tangan mari kita bikin janji

Aku sudah cukup lama dengar bicaramu

dipanggang di atas apimu, digarami oleh lautmu

Dari mulai tanggal 17 Agustus 1945

Aku melangkah ke depan berada rapat di sisimu

Aku sekarang api aku sekarang laut

Bung Karno! Kau dan aku satu zat satu urat

Di zatmu di zatku kapal-kapal kita berlayar

Di uratmu di uratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh

 Chairil memilih menggunakan bahasa sehari-hari dalam menyampaikan maksudnya pada puisi tersebut. Ia bahkan menempatkan diri sebagai kawan akrab dengan Soekarno, sehingga dipakainya istilah “Bung”. Bahasa sehari-hari yang digunakan Chairil, mampu “memangkas” jarak antara Aku lirik dan sosok Soekarno —yang saat puisi ini ditulis tahun 1948— telah menjadi seorang presiden. Gaya ungkapnya itu sekaligus menunjukkan karakter Chairil yang penuh semangat dan pemberani dalam menyatakan sikap.

Menariknya, sekalipun dengan bahasa sehari-hari, ia tetap menggunakan piranti bahasa tertentu (misalnya tanda seru dan majas) demi keindahan dan ketepatan ekspresi. Tanda seru yang terdapat pada kata Ayo! dan Bung Karno! (bait 1 dan bait 3) menyatakan semangat yang menggebu dan mempengaruhi pembaca untuk memiliki semangat yang sama. Kecuali itu majas personifikasi dalam kalimat // dipanggang di atas apimu, digarami oleh lautmu // (bait 1 baris 3) dan // Di zatmu di zatku kapal-kapal kita berlayar // Di uratmu di uratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh // (bait 3 baris 2 dan 3) mampu membangun citraan dalam imajinasi pembaca, sekaligus sebagai ungkapan cinta yang mendalam pada tanah air. Begitu juga majas metafora dalam kalimat // Aku sekarang api aku sekarang laut // (bait 2 baris 3), memberi kesan gagah berani dalam konteks perjuangan ketika itu.

Dapat disimpulkan, Persetujuan dengan Bung Karno adalah puisi bertema nasionalisme yang menginspirasi para pembaca untuk lebih mencintai tanah air: tidak membiarkan pemimpin berjuang sendiri, tapi harus terjalin kerja sama antara rakyat dan pemerintah.

Mengenai pandangan bahwa masyarakat harus ikut dalam nggulawentah[2]] negeri, ditegaskan lagi oleh Chairil dalam puisi Krawang-Bekasi. Ia menantang generasi muda sebagai generasi penerus untuk memberi arti pada perjuangan para pahlawan di masa lampau. Mereka telah melakukan segala sesuatu, bahkan bertaruh nyawa, tapi kerja belum selesai, belum apa-apa.

Pada puisi ini, nada yang ditimbulkan oleh diksi-diksinya cukup beragam. Ada nada pilu dan tak berdaya, nada cemas, nada berharap, nada emosional, dan nada tantangan. Itu sebabnya membaca Krawang-Bekasi perlu pendalaman agar perasaan penyair tersampaikan dengan baik.

Pada bait pertama hingga kelima, suasana kelam sangat terasa. Chairil menggambarkan Aku lirik (para pejuang) yang telah gugur, yang tak bisa mengangkat senjata lagi, yang mati muda, yang tinggal tulang diliputi debu. Pada bait-bait berikutnya, suasana kelam bertambah “nggegirisi”[3]] ketika Aku lirik (para pejuang yang telah jadi mayat itu) memberi pernyataan bahwa mereka cuma tulang-tulang berserakan yang ingin perjuangannya tidak disia-siakan. Ataukah jiwa kami melayang untuk kemerdekaan kemenangan dan harapan atau tidak untuk apa-apa, tulis Chairil.

Dengan kalimat-kalimat tantangannya, Chairil ingin memperingatkan generasi muda agar memiliki kepedulian pada bangsa dan negaranya. Tidak egois dan menghalalkan segala cara dalam mencari rezeki, menghormati dan menjaga pemikiran-pemikiran para pahlawan. Ini tercermin dalam kalimat // Teruskan, teruskan jiwa kami // Menjaga Bung Karno // Menjaga Bung Hatta // Menjaga Bung Syahrir // Dengan cara bagaimana kita memberi makna pada perjuangan para pendahulu? Chairil menulis: // Berjagalah terus di garis batas pernyataan dan impian //

Meskipun puisi Krawang-Bekasi telah lama tercipta, namun tetap kontekstual bagi generasi saat ini. Kita tak lagi berhadapan dengan musuh bersenjata, tetapi hakikatnya sama, kita juga berjuang melawan “musuh” yang seringkali bercokol dalam diri: egoistis, tidak menghargai pemimpin, munafik, durjana, dan seabreg karakter yang menciderai, bahkan membinasakan kemerdekaan individu lain. Chairil Anwar, 74 tahun lalu telah menantang kesiapan generasi di zaman Gen Z ini: Kaulah sekarang yang berkata! Mau di bawa ke mana kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pendahulu? Mau dirias seperti apa wajah kemerdekaan itu? Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang berserakan.

Tantangan Chairil kepada generasi muda seperti yang tertuang dalam puisi Krawang Bekasi, bukan tanpa dasar. Generasi tua sudah pasti akan layu dan kembali menjadi debu, sementara generasi muda-lah yang berdaya mewarnai perjalanan bangsa. Tanggung jawab yang tidak ringan itu tak hanya membutuhkan kecerdasan dan kesehatan fisik, namun perlu juga budi pekerti dan kesehatan mental. Karena itu di tengah-tengah penguasaan teknologi, generasi muda perlu mengasah ketajaman budi pekerti. Kemerdekaan akan benar-benar berarti jika para pengisi kemerdekaan memahami apa dan bagaimana sejatinya merdeka itu. Jauh-jauh hari Chairil telah menulis dalam puisinya yang berjudul Diponegoro tentang bagaimana memaknai perjuangan dan kemerdekaan.

Yang pertama, tak gentar menghadapi “lawan” meski jumlah mereka banyak sekali. Konteks untuk zaman ini, kata “lawan” bukan berarti musuh dalam peperangan, tetapi “musuh” dalam diri seperti telah diuraikan sebelumnya. Yang kedua, berselempang semangat yang tak bisa mati. Semangat untuk terus berkarya dan menebar kebaikan di bidang yang kita mampu. Yang ketiga, berjuang dengan kepercayaan, bukan dengan genderang dan palu. // Ini barisan tak bergenderang-berpalu // Kepercayaan tanda menyerbu // Artinya, tidak perlu banyak bersuara, tetapi dengan penuh keyakinan mengerjakan bagian masing-masing.

Dalam puisi ini Chairil juga menggarisbawahi pentingnya memiliki martabat diri dan “tahan banting” dalam membela tanah air. Ini tertera dalam kalimat // Punah di atas menghamba // Binasa di atas ditinda // Sungguhpun dalam ajal baru tercapai //

Dari tiga puisi Chairil Anwar yang sudah dibahas, kita dapat menyimpulkan bahwa puisi-puisi tersebut sarat akan nilai-nilai nasionalisme. Sebenarnya masih banyak puisi Chairil yang bernafaskan nasionalisme, misalnya Aku, Catetan Tahun 1946, Siap Sedia, Hukum, Prajurit Jaga Malam, dan sebagainya; yang perlu dibahas pada kesempatan lain.

Nasionalisme Chairil Anwar memang tak terbantahkan. Kecuali terlihat dalam puisi-puisi yang ditulisnya, juga tampak pada sikapnya yang tak mau bersekutu dengan penjajah Jepang yang mendirikan Pusat Kebudayaan (Keimin Bunko Shidosho). Karya-karya yang boleh terbit waktu itu adalah karya-karya propaganda yang pro pemerintahan Jepang. Chairil tidak mau. Ia melawan dengan caranya. Karena itulah selama pendudukan Jepang, karya-karya Chairil kerap ditolak penerbit.

Chairil tetap pada sikap nasionalisnya. Ia menyambut kemerdekaan Indonesia dengan karya esainya berjudul Hoppla. Melalui esai itu ia mengungkapkan perasaannya yang dipenuhi kegembiraan. Bagi Chairil, kemerdekaan bangsa pasti diikuti kemerdekaan para seniman dalam berkarya; dan itu menimbukan harapan besar baginya. Chairil juga aktif dalam kelompok Gelanggang Seniman Merdeka, dan menulis Surat Kepercayaan Gelanggang. Dalam surat ini, ia menyebut bahwa para sastrawan dan seniman adalah ahli waris kebudayaan dunia. ** Dhenok Kristianti/Penyair dan Guru Sastra

** Dibacakan pada Dialog Sastra Nasional Peringatan Seabad Chairil Anwar di TIM Jakarta.

[1]] Sutjiningsih, Sri. 1982. Chairil Anwar; Hasil Karya dan Pengabdiannya. Jakarta : Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

[2]] nggulawentah (bahasa Jawa): memelihara, merawat, menjaga

[3]] nggegirisi (bahasa Jawa) : perasaan ngeri bercampur iba.

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*