Nagari Kapa Dinilai Tim Nagari Berprestasi Provinsi Sumbar

Pasaman Barat, Editor.- Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo dinilai oleh tim penilai nagari berprestasi Provinsi, Selasa ( 31/5 ) kemarin. Bupati Pasbar H. Syahiran berharap dengan kedatangan rombongan dapat menambah motivasi masyarakat untuk membangun Pasaman Barat.

Pada egiatan itu bupati menyampaikan profil Pasbar dan profil Nagari Kapa, mulai dari jumlah penduduk, geografi, visi misi, sejarah, struktur organisasi untuk dapat menjadi bahan acuan bagi tim penilai provinsi dalam menilai Nagari Kapa untuk menjadi Nagari Berprestasi di Provinsi Sumbar.

“Kami juga tidak menutup mata apabila terdapat kelemahan-kelamahan yang ditemukan oleh tim penilai, kiranya akan menjadi koreksi dan perbaikan bagi nagari kapa khusunya dan seluruh nagari di Pasbar umumnya,” kata Syahiran.

Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang dinobatkan sebagai  perwakilan  kabupaten setempat, untuk mengikuti lomba nagari berprestasi di tingkat Sumbar tahun 2016, berpeluang mengukir prestasi terbaik.

Tatanan fisik dan juga managemen yang terlihat di Nagari Kapa sekarang, merupakan potret asli dari pemerintahan  di nagari  setempat. Sejauh pandangan dan penilaian Pemerintah Kabupaten Pasbar, Nagari Kapa sangat berpeluang  mendapat  prestasi di tingkat Sumbar, bahkan diharapkan dapat mengukir prestasi nantinya di tingkat Nasional.

Bupati Pasbar H. Syahiran disuguhi siriah dalam carano  dalam acara Lomba Nagari Berprestasi tingkat Sumbar di nagari Kapa
Bupati Pasbar H. Syahiran disuguhi siriah dalam carano dalam acara Lomba Nagari Berprestasi tingkat Sumbar di nagari Kapa.

Pemerintah  setempat sudah memperlihatkan potret ril dari pemerintahan Nagari Kapa kepada tim penilai. Semoga harapan masyarakat setempat, mendapatkan prestasi ditingkat provinsi bahkan ditingkat nasional terkabul nantinya.

Selain mengukir prestasi,  seluruh pemerintahan nagari yang ada di  daerah Pasbar  juga diharapkan dapat menjadikan lomba nagari  ini, sebagai ajang pembenahan secara terus menerus untuk menampilkan pemerintahan nagari yang paling sempurna di masing-masing Nagari di Pasbar.

“Apapun hasil yang dicapai dalam perlombaan nagari sekarang, harus dijadikan sebagai wadah motivasi  bagi seluruh pemerintah nagari di kabupaten setempat. Apalagi keberadaan nagari di Pasbar sangat jauh bedanya dibandingkan dengan nagari-nagari lain di Sumbar, terlebih adanya anggaran miliaran yang dikucurkan setiap nagari di kabupaten Pasbar,” kata bupati.

Sementara itu, Penanggungjawab  Tim Penilai Lomba dari provinsi yang diketuai oleh Muhklis, mengatakan, yang dilombakan di dalam pemerintahan nagari saat itu ada di beberapa bidang. Yakni, Bidang pendidikan masyarakat, bidang kesehatan masyarakat, bidang ekonomi masyarakat, bidang keamanan dan ketertiban, bidang partisipasi masyarakat, bidang pemerintahan, bidang lembaga kemasyarakatan, bidang pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

“Jika Nagari Kapa memiliki angka mayoritas dari segala segi bidang yang diperlombakan, tentunya sudah di pastikan Nagari Kapa menjadi nagari berprestasi terbaik di Provinsi Sumbar. Insyaallah, mudah-mudahan semua ini terkabul seperti harapan Bapak Bupati dan Masyarakat Kapa dan Pasbar umumnya,” kata Mukhlis.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pasbar, Ema Yulis saat acara tersebut menyampaikan, pihaknya terus menjalin komunikasi intensif dengan  seluruh jajaran pemerintah nagari di kabupaten Pasbar. Dengan harapan seluruh pemerintah nagari di wilayah kerjanya berprestasi dimata pemerintah dan dimata masyarakat.

 

Ia menilai, Nagari Talu, berdasarkan penilaian tim provinsi,  berpotensi untuk mendapat prestasi di ajang lomba nagari berprestasi tingkat Sumbar sekarang. “Semoga saja harapan kita ini menjadi kenyataan,” katanya. ** Hms/YR/T2i

1188 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*