Mukhlis Rahman, Jadikan GERMAS Sebagai Pola Hidup Dengan CERDIK

Pariaman, Editor.- Untuk menjadikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), kita mesti CERDIK. Yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rook, Rajin berolahraga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup dan Kendalikan stress.

Dan CERDIK ini harus bisa dilaksanakan dahulu oleh instansi terkait beserta jajarannya, dan dimulai dari diri kita pribadi, keluarga kita, baru masyarakat juga mengikutinya.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada Pencanangan Germas dan lounching Pesan Sehat “TABUIK PIAMAN” yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Pariaman, bertempat di Pantai Gandoriah, Jum’at (22/9).

“Sampai saat ini Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) belum menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat kita,” ujarnya

Lebih lanjut ia mengatakan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sangat perlu menjadikan PHBS sebagai gaya hidup pada kehidupan sehari-hari di rumah tangga dan di lingkungan masyarakat.

“GERMAS yang kita laksanakan ini, sesuai dengan Intruksi Presiden No 1 Tahun 2017, dimana inpres tersebut mengamanatkan tentang GERMAS yang perlu disosialisasikan dan ditingkatkan di berbagai sektor kehidupan, mulai dari Nasional, Provinsi dan tingkat Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Mukhlis Rahman juga mengharapkan GERMAS bukan hanya sebagai sebuah acara seremonial belaka, tatapi mesti kita ikuti dan laksanakan bersama, sehingga tujuan yang diharapkan oleh pemerintah pusat dalam meningkatkan taraf kesadaran kesehatan di tengah masyarakat, dapat tercapai.

“Kalau hanya untuk seremonial semata, berarti kegiatan ini hanya menghabiskan anggaran Negara saja, untuk itu bagi kita semua yang hadir saat ini, untuk berkomitmen secara sadar, menjadikan GERMAS sebagai pola hidup kita sehari-hari,” tutupnya.

Dalam sambutan Kadis Kesehatan Kota Pariaman Bachtiar mengungkapkan pencanangan GERMAS kali ini juga sekaligus lounching pesan sehat “TABUIK PIAMAN,”.

12 pesan sehat dari Dinas Kesehatan Kota Pariaman terdiri dari Tabuik Piaman, yang mempunyai arti Tidak ada anggota keluarga yang merokok dalam rumah/ruangan, Asi exklusif bayi usia 0-6 bulan, Bersalin di fasilitas kesehatan, Usahakan penderita gangguan mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan, Imunisasi dasar lengkap pada bayi, Konsumsi sayur dan buah serta gunakan air bersih.

Pastikan seluruh anggota keluarga punya jaminan kesehatan, Ingatkan penderita TB berobat sampaib sembuh, Aktifitas fisik minimal 30 menit sehari dan cek tekanan darah secara berkala, Menimbang balita setiap bulan, Ayo keluarga ikuti KB dan Nah … rumah harus memiliki jambat sehat ya …,” tukasnya.

Acara dimulai dengan senam bersama, seremonial acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pesan sehat TABUIK PIAMAN oleh Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis, penandatanganan kesepakatan bersama mendukung GERMAS dan terakhir, wako dan rombongan makan buah bersama, Sebagai salah satu cara hidup sehat.

Hadir dalam acara ini Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah dan istri, Dinas Provinsi Sumbar, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Kepala KLOK BPJS Kesehatan Kota Pariaman, Sekda dan istri, Kepala OPD, Kabag, Camat dan panitia serta masyarakat yang hadir. ** J/Hms/Sgr

962 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*