Mesjid Kauman Padang Panjang Sudah Siap 95 %

Mesjid Kauman Padang Panjang.
Mesjid Kauman Padang Panjang.

Padang Panjang, Editor.- Pembangunan Masjid Taqwa Muhammadiyah Kauman Padang Panjang siap 95 % lebih. Pengerjaan kini lebih ke finishing pertokoan, hotel, kantor dan ruang toilet/wudhu di Lantai-I. Setelah itu siap, akan segera diikuti pembangunan tower menara masjid setinggi 30 meter.

Sedang terkait halaman masjid, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Taqwa Kauman, H.Ali Usman Syuib, menyebut sebagian besar akan diaspal untuk areal parkir. Sebagian lain jadi taman dengan beberapa tanaman pohon pelindung untuk menunjang keindahan, kerindangan dan kenyamanan pada komplek masjid.

Mulai dibangun pada 2017, pembangunan Masjid Kauman dengan ukuran perlantai 60 x 25 meter itu dirancang dengan pondasi tiga lantai. Tapi saat ini baru diwujudkan dua lantai, Lantai-2 sebagai ruang masjid, Lantai-1 (pertokoan, hotel, kantor dan ruang toilet/berwudhu laki-laki dan perempuan).

Khusus ruang masjid yang menempati Lantai-II, sudah dipakai sejak bulan Ramadhan 1439 H (2018 M) lalu. Alhamadulillah, jemaahnya ramai, terutama pada Shalat Zuhur dan Ashar, apalagi Shalat Jumat, sebut Ali Usman Syuib, didampingi salah seorang penitia pembangunan masjid, Syamsul Anwar.

Jemaahnya antara lain guru/dosen, pelajar dan karyawan dari 7 sekolah (SD, SMP/MTs, SMA/KM dan PT) Perguruan Muhammadiyah di Kauman. Berikut, kalangan pegawai beberapa kantor pemerintah di seberang jalan utama kota dari masjid, beberapa sekolah negeri, dunia usaha dan warga dari pemukiman sekitarnya.

Terkait rencana pembangunan menara masjid setinggi 30 meter, Ali Usman didampingi teknisi, Ir.Dafri, menyebut akan dilengkapi tangga spiral (melingkar). Fungsinya, selain menunjang keindahan masjid, pemancaran suara azan, juga tempat melihat bintang (benda langit) dengan teropong bintang nantinya.

Selain itu, tower menara masjid juga akan jadi tempat menarik bagi pengunjung untuk menikmati keindahan pemandangan Kota Padang Panjang dengan view Gunung Merapi di arah utara, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikek di barat, perbukitan hijau Bukit Tui di selatan, dan Danau Singkarak di timur.

Karena itu, kehadiran tower juga akan berpotensi jadi salah satu sumber pemasukan keuangan masjid. Pemasukan keuangan Masjid Taqwa Kauman sesuai konsep, selain untuk keperluaan operasional dan biaya perawatan masjid, juga membantu perguruan Muhammadiyah di Kauman dan kegiatan dakwah.

Terkait konsep inilah maka pembangunan Masjid Kauman dilengkapi pertokoan, hotel dan tower menara dengan fasilitas tadi. Dengan begitu, biaya operasional dan perawatan masjid nanti diharapkan selain akan bisa mandiri, juga bisa membantu perguruan di Kauman dan dakwah.** Berliano Jeyhan/Yetti Harni

1544 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*