Menyandang Gelar Datuak Marahindo: Bobby Asmara Dinobatkan Jadi Pangulu Suku Piliang

Lubuk Basung, Editor.- Disaksikan dua puluh dua dari tujuh suku di Nagari Lubuak Basuang, Bobby Asmara dikukuhkan sebagai “Pangulu Pucuak” payung panji suku Piliang, Batu Palano dengan gelar Datuak Marahindo bertempat di Batu Palano, Kanagarian Balai Ahad, Lubuak Basuang, Minggu (23\2).

Diawali dengan pemasangan saluak, penyelipan keris puasaka dan penyerahan tongat oleh oleh Datuak Maruhun, penobatan Datuak Marahindo dilanjutkan pengukuhan secara administrasi pemerintahan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basuang, diiring tiga kali letusan bedil yang menjadi salah satu ciri khas prosesi batagak dan malewakan gala pangulu di Nagari Lubuak Basuang.

Rangkaian prosesi pergantian pangulu kaum suku Piliang yang berkriteria “batungkek budi” tersebut berjalan khidmat dan terbilang prosesi adat yang cukup ramai dihadiri oleh masyarakat adat Lubuak Basuang dan kaum suku Piliang dari perantaun yang khuhus pulang kampung untuk acara tersebut.

Seusai prosesi di rumah keluarga suku Piliang, kegiatan dilanjutkan dengan mengarak Datuak Marahindo se keliling Batu Palano dan dilanjutkan dengan kegiatan adat di kantor KAN Lubuk Basung. ** Rhian

787 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*