Mentan Andi Amran Sulaiman, Bawang Solok Harus Punya Branding

Sungai Nanam, Editor.- Bawang merah Solok belum banyak dikenal pasar namanya pun tenggelam dengan pamor bawang Brebes. Untuk itu perlu dilakukan branding, salah satunya dengan mengganti nama bawang Solok dikarenakan nama Solok mirip dengan Solo.

“Dari itu saya minta izi kepada seluruh yang hadir saat ini untuk menganti  nama yang pas untuk bawang Solok yaitu Bawang Merah Solok Sumbar,” kata  Mentri Pertanian RI: DR. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP pada panen bawang di Sungai Nanam, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok, Rabu (28/12).

Mentri mengakui potensi Sungai Nanam, umumnya Kecamatan Lembah Gumanti sangat besar dalam budidaya komoditi bawang . Karena itu akan segera menjadikan kawasan ini sebagai (Nagari Sungai Nanam) sebagai lumbung bawang di Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu dalam kata sambutannya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat mengapresiasi perhatian kementrian pertanian dalam upaya mendorong semangat petani, khususnya petani bawang merah.

“Kabupaten Solok akan menjadi harapan Sumatera Barat sebagai pemasok produksi holtikultura, sekaligus mampu menumbuhkan semangat masyarakat untuk kembali menekuni sektor pertanian.” Kata Irwan.

Sementara itu Bupati Solok, Gusmal, SE, MM Kita memastikan kesiapan Kab. Solok dalam melakukan pengembangan tanaman holtikultura karena asil budidaya pertanian menjadi penyumbang PDRB terbesar, yakni mencapai 45.61 persen terhadap perekonomian.

“Tahun 2016 ini kita mendapat bantuan dana Rp 5 miliar untuk untuk mengembangkan lahan bawang merah seluas 50 hektare, bawang putih 50 hektare dan cabai merah 30 hektare sebagai percontohan. Tahun depan kita siap menambah percontohan seluas 250 hektare,” kata Gusmal.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut  Dirjen Perdagangan Dalam Negri, Kementrian Perdagangan  Oke Nurwan, Tim Pakar Upaya Khusus Mentri Pertanian  DR. Syam Herodian, Staf Khusus Mentri Pertanian  Irwan Baharudin, DIR. Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Holtikutura: Sukarman, Staf Khusus Kasad  Brigjen Mochamad Afifudin, Anggota Komisi IV DPR-RI Hermanto, Anggota DPD-RI  H. Nofi Candra, Camat, Walinagari dan peserta masyarakat panen bawang. ** Febrian D’Gumanti/ Olga/Hms

2234 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*