Melalui Pemetaan Dari Udara, Ditemukan Sejumlah Titik Longsor  di Solok Selatan

BPBD Solsel dan BPBD Sumbar sebelum terbang memetakan titik sungai dan hutan yang berpotensi longsor di solsel.
BPBD Solsel dan BPBD Sumbar sebelum terbang memetakan titik sungai dan hutan yang berpotensi longsor di solsel.

Solok Selatan, Editor – BPBD Solok Selatan petakan potensi rawan longsor dan penyumbatan sungai besar dan kecil, termasuk kawasan daerah hutan di Solsel. Pemantauan udara dengan helikopter tersebut dilakukan, Kamis (16/9) bersama BPBD Sumbar, dalam mengatasi dampak bencana alam yang kemungkinan bisa terjadi diakhir tahun 2020. Atau di awal tahun 2021, ketika intensitas hujan tinggi atau terus menerus melanda Solsel yang dapat mengancam keberadaan rumah penduduk.

“Potensi banjir, longsor dan galodo di akhir tahun ini atau awal tahun 2021 harus dipetakan. Bila tidak, potensi longsor dihulu sungai bisa memicu galodo dan banjir bandang,” ungkap Kepala BPBD Solok Selatan, Richi Amran, kepada wartawan Jumat (18/9).

Justru itu, lanjutya, perlu dipetakan titik sungai yang rawan, termasuk hutan yang berpotensi longsor ke sungai. Karena Solok Selatan adalah daerah yang rawan akan bencana alam, dan langganan bajir dan galodo setiap akhir tahun dan di awal tahun.

Dia menjelaskan, terdapat puluhan titik potensi yang bisa memicu bencana. Bukan saja dialiran sungai besar dan kecil. Akan tetapi dihutan-hutan yang dibawahnya sungai. Kondisi ini banyak ditemukan dalam penyisiran udara. Sebab itu jelas Richi, meski dilakukan pencegahan sebelum terjadi bencana alam.

“Puluhan titik potensi banjir dan longsor ini, nanti akan kita survei jalur darat. Lewat udara, kita hanya untuk memastikan titik mana yang meski akan kita tempuh,” paparnya.

Mulai dari hilir hingga ke hulu sungai, dari Sungai Batang Bangko, Batang Suliti, Batang Liki, dan lainnya. Dan sejumlah hutan yang keberadaannya di hulu sungai.

Dia mengatakan, termasuk pemantauan kondisi hutan disekitar PT Supreme Energi. Ternyata disana juga terdapat sejumlah titik longsor yang meski harus di survei langsung kelokasi setelah dipetakan titiknya melalui udara. ** Natales idra/Sus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*