Masyarakat Pengalihan Kayu Minta Pemkab.Solok Tingkatkan Kualitas Jalan

AlahanPanjang, Editor-   Masyarakat Jorong Pengalihan Kayu Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, mengharapkan Pemerintah Kabupaten meningkatkan kualitas jalan yang melintasi jorongnya dengan aspal hotmix.

Jalan sepanjang 3 km dari simpang Ladang Lambau sampai ke Parak Kulai itu dibangun dengan swadaya masyarakat  dengan lebar 4 meter, kondisinya sudah sangat padat,sudah bisa di hotmix, ujar pembantu Jorong Jamirus Rajo Leman dalam bincang bincang dengan Wartawan kemaren di kediamannya didampingi Edi tokoh masyarakat setempat.

Masyarakat setempat sudah sering mendapat janji  janJi dari pemerintah orang  orang yang punya kepentingan. Terutama menjelang pelaksanaan Pilkada maupun Pemilihan Legislatif, rata rata mereka menjanjikan akan memperhatian jorong kami dan meningkatakan kualitas jalan dari kondisi pengerasan krekel menjadi hotmix. Tetapi sampai saat ini masih tnggal janji, ujar Jamirus.

Jalan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat, kondsinya masih selesai pengerasan dengan krekel yang semuanya merupakan swadaya masyarakat. Jalan ini satu satunya yang bisa dilewati kendraan besar pengangkut bahan bangunan dan pupuk ke Parak Kulai.Setiap hari puluhan truk yang bertonase berat melintasi jalan ini. Ketika hari hujan, maka muncul  lobang lobang besar dan bila telah berlobang,masyarakat akan turun tangan mengumpulkan sumbangan untuk penimbuni lobang lobang tersebut.

Masyarakat  menikmati jalan ini untuk mengangkut hasil pertanian ke pasar Alahan Panjang. Jumlah penduduknya mencapai 2000 KK, merupakan jorong yang paling luas dari 10 jorong yang ada di Nagari Alahan Panjang, ungkapnya.

Menurut Jamirus, permintaan untuk ditingkatkan kualitas jalan ini sudah dimasukkan dalam Musrembang. Kami masyarakat jorong Pengalihan Kayu ini berharap permintaan itu tidak hilang di tengah jalan dan dapat di realisir tahun anggaran 2018 mendatang,atau masuk dalam anggaran perobahan tahun ini, harapnya. ** Yus  

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*