Malinggai Uma Latih 15 Pelajar Jadi Pemandu Konservasi  Satwa Endemik Asli Mentawai

Peserta pelatihan yang dilaksanakan di Desa goisooinan kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumbar.
Peserta pelatihan yang dilaksanakan di Desa goisooinan kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumbar.

Mentawai, Editor.- Untuk melestarikan satwa liar endemik di hutan Mentawai yang ada, Malinggai Uma adakan Pelatihan Pengamatan Satwa Liar dan Penggunaan Smartphone Untuk Promosi Konservasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai bertempat di Aula Kantor Desa Goisooinan Kecamatan Sipora Utara, selama dua hari, dari Rabu hingga Kamis (07-08/04/ 2021).

Kegiatan ini berlangsung di Aula di Desa Goiso’oinan kecamatan Sipora Utara kabupaten kepulauan Mentawai.

Mateus Sakaliou dari Malinggai Uma menyebut, peserta pelatihan didatangkan dari berbagai sekolah di Sikakap, Siberut termasuk Sipora, masing pulau ada 5 perwakilan dari pelajar SMA, sebut Mateus, Kamis (08/04/2021).

Masing masing peserta akan dilatih secara teori hingga praktek lapangan di dalam hutan, mengambil gambar satwa liar, primata yang di temukan dengan membawa Smartphone. Peserta nantinya, di ajarkan cara cara pengambilan sebuah gambar satwa, serta cara mempromosikannya di media sosial agar di kenal oleh masyarakat luas.

Tujuan kegiatan ini adalah, supaya generasi muda dapat mengenal satwa, primata yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, sehingga mereka dapat mengetahui jenis jenis satwa Endemik Asli Mentawai yang nantinya dapat mempromosikannya keluar lewat Smartphone, terang Mateus.

Wisatawan asing yang datang di Kabupaten Kepulauan Mentawai, kadang kadang suka juga melihat satwa yang ada, seperti burung, Primata dan binatang binatang lainnya, jadi generasi ini dapat menjelaskan kepada wisatawan tentang jenis jenis satwa asli Mentawai Agar dapat pengetahuan dan pengalaman.

“Sebanyak 15 orang peserta akan kita arahkan sebagai pemandu wisatawan untuk konservasi satwa liar, dan ini terus kita lakukan pembinaan,” ujar Mateus.

Mendukung kegiatan ini, Malinggai Uma mendatangkan narasumber dari Jogja sebagai mitra organisasi itu sejak 2017, untuk memacu pengetahuan para peserta dan meningkatkan kualitas wawasan. **Jumelsen

60 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*