LSM Lira Sorot Masalah Dana Desa di Pessel

Erizal Dt. Rajo Lelo.
Erizal Dt. Rajo Lelo.

Painan, Editor. – Besarnya anggaran Dana Desa (DD) yang mengalir ke masing-masing  Pemerintah Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), menyita perhatian semua pihak. Tak terkecuali kalangan Bupati Lembaga Swadaya Masyarakat-Lumbung Informasi Rakyat (LSM-LIRA) Kabupaten setempat.

Saat dikonfirmasi kepada Bupati LSM Lira Erizal, DT. Rajo Lelo melalui via telfon, Jum’at (04/02/2022) mengatakan, “Saya mengingatkan kepada seluruh Wali Nagari hendaknya berhati-hati dalam penggunaan Dana Desa maupun alokasi Dana Desa tahun anggaran 2022. Jangan sampai berurusan dengan hukum,”

Erizal menilai kucuran Dana Desa yang cukup besar itu harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik oleh Pemerintah Nagari. Hal ini guna membangun Nagari untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Masyarakat Nagari sangat menginginkan aliran Dana Desa itu dapat digunakan dan di kelola dengan maksimal, baik untuk pembangunan infrastruktur jalan usaha tani, jembatan, pemberdayaan sosial dan budaya, demi Nagari yang dia pimpin,“ kata dia.

Dia menambahkan, Dana Desa harus digunakan sesuai aturan dan mengacu pada juknis yang telah ditetapkan. Jika Pemerintah Nagari masih ada keraguan langsung koordinasi dengan dinas terkait.

Erizal mengingatkan jangan sampai Pemerintah Nagari belum memahami aturan tata cara penggunaan dana desa. Pemerintah Nagari tidak malu bertanya terhadap hal-hal yang belum diketahui terkait penggunaan dana desa.

“Saya berharap Pemerintah Nagari agar betul-betul memperhatikan serapan anggaran Dana Desa. Transparansi dan keterlibatan warga Nagari dalam pelaksanaan pembangunan fisik di Nagari dari dana desa harus diutamakan,” katanya.

LSM-LIRA Mitra Pemerintah, tapi kritis, bagi  Pemerintah Nagari yang tidak mengacu kepada aturan yang ada dalam pelaksanaan Dana Desa, LSM-LIRA Pesisir Selatan bersama masyarakat akan menyurati Pemerintah Nagari yang dimaksud, tutup Erizal. ** Roni Citra

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*