LSM LIRA Pesisir Selatan Resmi Dikukuhkan

Pengukuhan LSM LIRA.
Pengukuhan LSM LIRA.

Painan. Editor.   Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) resmi dikukuhkan di Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 15 Januari 2022 lalu,  bertempat di Hannah Hotel Syariah Painan,  LSM LIRA ini bakal bermitra dengan pemerintah daerah dalam mendorong pembangunan terutama di Pesisir Selatan.

Keberadaan LSM LIRA ini dapat bergerak secara profesional dalam mendukung konsepsi dasar organisasi yang diawali dengan mendengar, melihat dan berbuat. Disamping itu, bupati LSM LIRA secara berjenjang dapat pula memberikan pendidikan politik bagi anggotanya guna mencapai tujuan dari organisasi yang mengatasnamakan rakyat tersebut.

LSM LIRA didirikan di Jakarta pada tanggal 19 Juni 2004, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LIRA berkedudukan di Ibu kota Negara Republik Indonesia dan dapat membuka cabang dan atau perwakilannya ditempat yang dipandang perlu sesuai dengan keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) atas Persetujuan Dewan Pendiri dalam organisasi LIRA, Mewujudkan sebuah lembaga Mitra Komunikasi Kebangsaan antara Republik (Pemerintah) dan Publik (Rakyat) ditingkat nasional yang berlandaskan kemandirian, swadaya, gotong royong serta menjadi pelopor dalam mendorong integrasi komunikasi kerakyatan dalam mengkritisi pembangunan diberbagai aspek guna mencapai tatakelola pemerintahan yang bersih dan transparan. Membuka informasi seluas-luasnya yang bersifat komunikatif serta mengajak seluruh rakyat untuk berperan aktif, kritis, profesional dan proporsional menuju perbaikan bangsa dalam kerangka mendorong terwujudnya transparansi, akuntabilitas publik yang bersifat egaliter dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi, keadilan dan dalam upaya menegakkan supremi hukum yang berkeadilan.

Lembaga ini bersifat kerakyatan, kebangsaan, kesetaraan, demokratis, mandiri, terbuka independen dan tidak terkait kepada organisasi politik apapun atau organisasi manapun dengan semangat kerakyatan dan kebangsaan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan, tanpa memandang agama, gender, suku, ras dan antar golongan, untuk mendukung terwujudnya agenda perubahan yang memiliki integritas, akuntabilitas, konsistensi, keadilan dan transparansi publik guna mencapai Indonesia yang mandiri, bersih dan berwibawa

Dalam hal ini Erizal. Dt. Rj. Lelo dilantik sebagai Bupati LSM LIRA Kabupaten Pesisir Selatan mengatakan kita meminta semua anggota agar tetap kompak dan solid dalam menjalankan tugas yang telah diamanatkan kepada kita, dan akan mendorong pembangunan yang ada dipesisir selatan Sebab tanpa kekompakan apapun yang akan dilaksanakan tidak akan terwujud,”ujarnya.

Gubernur LSM LIRA DPW Sumbar Nofrizal menjelaskan tiga poin yang menjadi landasan organisasi itu adalah mendengar, melihat dan berbuat. “Kami di LSM LIRA tidak ada pungli. Tidak ada anggota minta uang. Kalau ada seperti itu, mungkin saya yang paling kaya. Tapi, LSM ini berjalan dengan baik dan lurus,” jelas Nofrizal. Lanjut dia, LSM LIRA bakal bermitra dengan pemerintah daerah dalam mendorong pembangunan. Namun, jika dalam pembangunan ada sesuatu pekerjaan yang salah. Pihaknya akan menyampaikan secara santun dengan menyurati pihak-pihak yang dianggap melenceng.

Sementara itu Sekda Mawardi Roska mewakili Bupati Rusma Yul Anwar yang turut menghadiri kegiatan pelantikan mengapresiasi terbentuknya LSM LIRA ini.

Disamping itu, bupati LSM LIRA secara berjenjang dapat pula memberikan pendidikan politik bagi anggotanya guna mencapai tujuan dari organisasi yang mengatasnamakan rakyat tersebut. Diharapkan keberadaan LSM LIRA dapat bergerak secara profesional dalam mendukung konsepsi dasar organisasi yang diawali dengan mendengar, melihat dan berbuat. Selain Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska, kegiatan pelantikan juga turut dihadiri oleh Kapolres dan Damdim 0311 mewakili. ** Roni Citra

147 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*