Lounching Program Balai Ternak, LPPM Baznas RI Kunjungi Kabupaten Tanah Datar

Louncihng Program Balai Ternak Kabupaten Tanah Datar.
Louncihng Program Balai Ternak Kabupaten Tanah Datar.

Batusangkar, Editor.- Kepala Badan Amil Zakat (Baznas) RI yang diwakili oleh Wakil Ketua II Saidah Makwan melakukan kunjungan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat guna melouncihng Program Balai Ternak Kabupaten Tanah Datar bertempat di Joprong Kinawai Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan, Minggu (3/10)

Hadir dalam  lounching Balai Ternak Baznas tersebut Bupati Tanah Datar yang  diwakili oleh Kadis Pertanian Yulfiardi, Kepala Baznas Sumbar yang diwakili oleh  Asrianto  Kepala  Permata Bank Syariah Herwin Bustaman, Kepala Baznas Tanah Datar Yasmansyah, Camat Rambatan Ikrar Pahlevi, Walinagari, kepala jorong, pengurus Baznas serta masyarakat penerima bantuan ternak.

Bupati Tanah Datar diwakili Kadis pertanian Yulfiardi dalam sambutannya mengatakan, kami atas nama pemerintah daerah mengucapan selamat datang kepada rombongan Baznas Pusat di Tanah Datar yang mana kabupaten Tanah Datar perekonomian masyarakatnya  tergantung pada sector  pertanian adapun  kontribusi pertanian sekitar 29,81%.

Kabupaten Tanah Datar memiliki 5,3% KK miskin atau sekitar 17 ribu penduduk miskin  dan 5,4% dari KK miskin itu perekonomiannya dari pertanian jadi sangat lah tepat Baznas menyalurkan bantuan kepada masyarakat petani dalam rangkah peningkatan  Mustahik menjadi muzakih dan diharapkan nantinya bisa berkembang, untuk itu atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Baznas Tanah Datar atas programnya dalam memberikan percontohan untuk peningkatan perekonomian masyarakat,ungkap  Yulfiardi.

Kepala Baznas RI yang diwakili oleh  Ketua II Baznas RI  bidang pendistribusian dan perdayagunaan, Saidah  Sakwan MA, dalam sambutannya menyampaikan,  Baznas sudah melakukan kerjasama selama dua tahun dengan Bank Permata Syariah sebagai penyandang dana.

“Adapun visi Baznas adalah menjadikan lembaga utama mensejahterahkan umat, di Baznas pusat kita punya data Mustahik nomor Induk  24,7 juta setelah Covid-19 data Mustahik menjadi 107,3 juta sementara itu untuk Tanah Datar masih ada lebih kurang 100 ribu data Mustahik yang akan di urus oleh Baznas Tanah Datar, beradasarkan data yang disampaian oleh  pemerintah Tanah Datar,” ujar  Saidah Makwan.

Bantuan untuk Balai Ternak Balimbing Saiyo merupakan titipan dari muzaki- muzakih yang dikelolah dan didistribusikan oleh bank permata syariah diharapkan bisa dikembangkan oleh mustahik dan bisa menjadikan kesejahteraan bagi mustahik di daerah tersebut.

Sebelumnya kepala Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan bahwa program Balai Ternak merupakan yang pertama di Sumatra Barat setelah melakukan lobi dan  permohonan ke Baznas pusat dan dikabulkan oleh  Baznas RI dengan bekerjasama dengan Bank Permata Syariah.

Untuk itu kita punya target tiga tahun dibalai ternak ini kita gunakan untuk mengembangkan Mustahik menjadi Muzakih dan  kita akan perbaiki penerima. “Untuk penerima awal sebanyak 15 orang  penerima bantuan, yang mana  nantinya  akan kita jadikan  45 orang  penerima dengan penyaluran sebesar  Rp. 718.001.850 dari Bank Permata Syariah dan Rp 250 juta dari  dana yang disediakan Baznas Tanah Datar untuk dikembangkan di balai ternak Balimbing Saiyo,” ungkap Yasmansyah

Bantuan untuk Balai Ternak Balimbing Saiyo merupakan titipan dari muzaki-muzaki yang dikelola dan di distribusikan oleh Bank Permata Syariah yang mana diharapkan bisa dikembangkan oleh mustahik dan bisa mensejahteraan mustahik itu sendiri .**Jum

 

 

52 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*