Lipsus Pemkab Limapuluh Kota: Bupati Safaruddin Ucapkan Selamat Untuk Wali Nagari Terpilih, Ini Kemenangan Warga Limapuluh Kota

Bupati Safaruddin pada salah satu TPS Pilwanag di Limapuluh Kota.
Bupati Safaruddin pada salah satu TPS Pilwanag di Limapuluh Kota.

Limapuluh Kota, Editor.- Pesta demokrasi pemilihan Walinagari Serentak di Kabupaten Limapuluh telah selesai dilaksanakan Rabu(25/05).

Pesta demokrasi pemilihan Walinagari serentak pada 70 dari 79 Nagari yang ada di Limapuluh Kota tahun 2022 ini, merupakan pesta demokrasi terakbar dan terbilang sukses sepanjang sejarah Pilwanag di Kabupaten penghasil Gambir dan karet di Sumbar ini.

Kesuksesan pelaksanaan Pilwanag ini, berkat dukungan dan kerjasama semua pihak. Semua tahapan pelaksanaan, terlaksana sesuai scedul.

Diawali dengan  SK Bupati Limapuluh Kota No.140/43/Bup-LK/I/2022 tertanggal 31 Januari 20022  tentang penetapan hari/tanggal pemungutan suara,tahapan pelaksanaan serta penetapan nagari peserta pemilihan walinagari serentak di Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2022.

SK Bupati inilah yang menjadi acuan pelaksanaan Pilwanag Serentak,di mulai dengan pembentukan panitia pemilihan oleh Bamus Nagari yang ditetap dari 14 Pebruari sampai 25 Pebruari, 2022.

Semua tahapan, mulai dari pembentukan panitia pemilihan walinagari, penganggaran, persetujuan biaya oleh Bupati, penetapan KPPSN, pendataan dan pemutakhiran data pemilih,penetalan DPT,pencalonan dimulai dari pengumuman dan pendaftaran bakal calon,penelitian persaratan kelengkapan ADM   balon, klarifikasi, penetapan dan pengumuman calon, penetapan nomor urut calon, pelaksanaan kampanye sampai hari H pelaksanaan pencoblosan berjalan sesuai scedul  yang ditetapkan, tidak ada yang molor, ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan nagari/Desa Limapuluh Kota Endra Azmar.

Dikatakannya, tercatat 298 orang calon Wali Nagari yang ikut berkompetisi, memperebutkan suara dari 232.227 pemilih. Dari 298 orang calon yang ikut berkompetisi,12 orang diantaranya calon wali nagari perempuan. Dan 44 calon, sebelumnya adalah pejabat wali nagari atau  petahana.

Hasil akhir penghitungan suara di seluruh TPS,  dari 44 wali nagari petahana atau incumbent, 23 orang kembali terpilih, ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/ Nagari (DPMN/D)  Limapuluh Kota Endra Azmar  tentang dinamisnya Pilwanag 2022.

Bobot dinamisnya Pilwanag kali ini juga ditunjukkan oleh data   pemilih terdaftar melebihi angka pemilihan kepala daerah (pilkada)  tahun 2020.

Pemilih pada  pilwanag terdaftar sebanyak 232.227 pemilih, sementara pemilih terdaftar pada pilkada  2020 hanya berjumlah 224.393 pemilih, ungkap  Endra azmar.

Tentang latar belakang pendidikan dan profesi para calon wali nagari juga beragam, terdapat perimbangan antara jumlah tamatan SLTA/ sederajat dengan S1;  S2, namun masih ada yang pendidikannya SLTP atau sederajat yakni 9 orang, SLTA sederajat 140 orang S1 ada 105 orang, S2 ada 9 orang dan Diploma 36 orang.

Menariknya, ternyata Jabatan Wali  Nagari selain diminati oleh swasta, wiraswasta, profesional, pensiunan juga diminati ASN. Tercatat  18 orang calon dari ASN yang ikut Pilwanag, dan TNI/Polri 2 orang calon, pensiunan 32 calon, peternak 2 calon, wiraswasta 88 calon, buruh 6 calon, pedagang 13 calon, perangkat nagari 8 calon dan swasta 13 calon.

Setelah tahapan pencoblosan, dilanjutkan dengan tahapan rapat rekapitulasi penghitungan suara mulai 26 Mei 2022, penetapan calon yang memperoleh suara terbanyak, dari 27 sampai 31 Mei 2022,

Penyampaian laporan panitia pemilihan tentang calon walinagari terpilih kepada Bamus, 27 Mei sampai 7 Juni 2022, laporan Bamus kepada Bupati tentang  calon walinagari terpilih dari 8 Juni hingga 16 Juni 2022, dan puncaknya penerbitan keputusan Bupati tentang pengesahan  dan pengangkatan Walinagari terpilih 8 Juni hingga 19 juni 2022 mendatang

Sementara Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan, masarakat sangat antusias mengikuti pesta demokrasi pilwabag ini, sepanjang pantau Bupati ,kelihatan masarakat berduyun duyun mendatangi 674 Tempat pemunguran suara.

Suksesnya rangkaian pemungutan suara di 674 TPS melibatkan 232.277 pemilih yang terdaftar di 70 nagari se Kabupaten  Limapuluh Kota  pada Rabu tanggal 25 Mei 2022  layak disebut sebagai kemenangan masyarakat Limapuluh Kota.

Kemenangan itu ditunjang oleh tingginya kesadaran politik warga untuk menunaikan hak pilihnya dipadu kematangan politik para  kandidat wali nagari yang legawa dengan hasil akhir penghitungan suara,siap menang siap kalah.

Kesuksesan itu juga buah dari kerja keras semua elemen penyelenggara pilwanag seperti panitia pelaksana, jajaran perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Limapuluh kota,  TNI dan Polri,  peran serta segala elemen masyarakat di nagari, sehingga tercipta suasana kondusif untuk  Pilwanag 2022.

Bupati Safaruddin juga menyampaikan ucapan selamat kepada 70 Calon Wali Nagari terpilih dengan suara terbanyak dan berpesan agar tetap bersikap rendah hati, koperatif dan selalu berkomunikasi dengan segala unsur di masing-masing nagari sampai ditetapkan dan dilantik selaku wali nagari definitif.

“Kita bersyukur pemungutan suara berjalan sukses,  terkendali dengan hasil yang maksimal. Apresiasi dan penghargaan kita sampaikan kepada segala pihak yang telah mendukung pelaksanaan pilwanang, terlebih TNI dan Polri dengan pendekatan persuasif bisa mewujudkan kondisi yang kondusif untuk pilwanag ini. Sukses ini adalah kemenangan masyarakat Limapuluh Kota,” ujar Bupati Safaruddin.

Indikasi bahwa suksesnya tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pilwanag 2022 juga terlihat dari pantauan langsung Bupati Safaruddin pada sejumlah TPS di Kecamatan Luak, Payakumbuh, Suliki dan Bukik Barisan.

Di setiap TPS yang dikunjungi  oleh Bupati warga pemilih terlihat antusias menunaikan hak pilihnya, kelompok pelaksana pemungutan suara (KPPS) bertugas dengan tenang, dan kondisi lingkungan pun  tertib dan aman.

Lebih lanjut Bupati Safaruddin mengatakan, kunci keberhasilan di TPS tak lepas dari dukungan warga Limapuluh Kota untuk penerapan asas pemilihan wali nagari langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil di Pilwanag 2022.

Hal lainnya  adalah refleksi dari tingginya kesadaran politik warga untuk menunaikan hak pilihnya.

Hal ini juga cerminan kehendak masyarakat untuk memiliki susunan pemerintahan di tingkat nagari yang amanah dan akuntabel.

Ditambahkan oleh Bupati Safaruddin  rata-rata lebih satu tahun roda pemerintahan dan pembangunan pada ke-70 nagari dipimpin pejabat wali nagari. Sehingga mengacu kepada peraturan perundang-undangan pertimbangan pada tahun 2022 Pilwanang Serentak bisa dilaksanakan.

Dalam hal lain,  Bupati Safaruddin mengatakan  susunan pemerintahan nagari yang stabil dan didukung masyarakat juga menunjukkan internalisasi misi daerah untuk mendorong potensi nagari sebagai poros pembangunan daerah memperoleh respon positif dari pemangku kepentingan di nagari.

“Pilwanag   serentak ini sangat strategis bagi Kabupaten Limapuluh Kota, diperlukan susunan pemerintahan nagari sejalan aspirasi warga, terlebih  salah satu misi daerah dalam  jangka menengah adalah mendorong potensi nagari sebagai poros pembangunan daerah,” ujar Bupati Safaruddin.

Perwujudan dari misi nagari sebagai poros pembangunan daerah, kata Bupati melalui empat program prioritas daerah yakni pertanian, pariwisata, peningkatan infrastruktur di ibukota Kabupaten serta peningkatan infrastruktur prasarana jalan, tak terlepas dari peran wali nagari serta masyarakat di nagari.

Mengapungnya  potensi kepariwistaan nagari seperti Kampung Sarugo, Koto Tinggi, Kapalo Banda, Taram, serta Alek Bakajang, Gunung Malintang, memberi harapan bahwa potensi nagari-nagari di Limapuluh Kota, jika dikelola terintegrasi dengan  pemerintahan nagari yang kredibel dan aspiratif pengembangannya akan lebih terarah.

Di bagian lain, Bupati juga mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada pejabat Wali Nagari yang akan menyelesaikan tugas dan tidak mencalonkan lagi beserta perangkat nagari atas dharma baktinya dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan dan pembangunan.

“Alhamdulillah perkembangan tahapan Pilwanag kita mengindikasikan semua pihak ingin menyukseskannya, untuk terwujudnya pemerintahan nagari sesuai harapan warga,” kata Bupati Safaruddin.

Kelegaan atas lancarnya dinamika  pemungutan dan penghitungan suara dapat dimaklumi sebagaimana diungkapkan Bupati Safaruddin, karena inilah  “Pesta Demokrasi” terbesar sepanjang sejarah Pemilihan Wali Nagari di Limapuluh Kota, katanya.** Adv / Yus

 

DAFTAR NAMA CALON WALI NAGARI TERPILIH

PEMILIHAN WALI NAGARI SERENTAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TAHUN 2022

TANGGAL 25 MEI 2022

 

NO KECAMATAN/NAGARI NAMA CALON WALI NAGARI PEROLEHAN SUARA
I KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN    
1. Nagari Bukik Sikumpa Zulfakri Utama Putra 528
2. Batu Payuang Al. Aswandi 1.084
3. Labuah Gunuang Khairul Hadi 1.273
4. Balai Panjang Idris 867
5. Halaban M. Fakhrurazi, S.H 1.198
6. Ampalu Asrizal 1.196
7. Sitanang Hardison 954
8. Tanjuang Gadang Zamhar 1.133
II KECAMATAN PAYAKUMBUH    
1. Nagari Taeh Bukik Hardimus Dt. Pangulu Bosa 732
2. KTGH Simalanggang Hendra. M 871
3. Koto Baru Simalanggang Rezki Yuanda Putra 1.196
4. Sungai Beringin Lukman Hakim 1.256
5. Taeh Baruah Indra Mulyadi, S.Pd 1.392
6. Piobang Darmisata 885
7. Simalanggang Yondrivel 682
III KECAMATAN MUNGKA    
1. Nagari Sungai Antuan Rafles, S.A.P 1.653
2. Talang Maur Syukri Hamdani, S.Pd 1.089
3. Simpang Kapuak Felliadi 1.274
4. Jopang Manganti Jasril 537
5. Mungka Epi Adri. S.Km, M.Mkes 1.070
IV KECAMATAN HARAU    
1. Nagari Bukik Limbuku Dodi 582
2. Gurun Taslimi Pratama Prawira.

A.Md

496
3. Lubuak Batingkok Yon Elvi S.Ag 572
4. Koto Tuo Eko Pratama, S.Pd 1.287
5. Batu Balang Dasril Syofiadi 1.232
6. Sarilamak Olly Wijaya 2.525
7. Harau Syukriandi,S.HI 899
8. Pilubang Endi Refli 559
9. Taram Nanang Anwar, SE 3.232
10. Tarantang Sudahri. S, SE 607
11. Solok Bio-Bio Andri Helmiadi 727
V KECAMATAN AKABILURU    
1. Nagari Sungai Balantiak Drs. H. Dedi Henidal, Mm 281
2. Sariak Laweh Alex Achmadi 1.120
3. Suayan Irwanul Fuad, S.Ag 1.068
4. Durian Gadang Nanda.S 473
5. Batuhampar Asra Arafat 799
6. Koto Tangah Batu Ampa Syamsul Akmal 1.458
7. Pauh Sangik Edison 555

 

VI KECAMATAN GUNUANG OMEH    
1. Nagari Talang Anau Nusda Anandes, S.Pd 510
2. Koto Tinggi Insanul Rijal 940
3. Pandam Gadang Devi Surya 989
VII KECAMATAN BUKIK BARISAN    
1. Nagari Baruah Gunuang Aprional, S.Pd.I 963
2. Maek Efrizal Hendri, Dt Patiah 2.101
3. Koto Tangah H. Yulizar, S.Pd 542
4. Sungai Naniang Penyul Hasni 1.314
5. Banja Loweh Yonefri 814
VIII KECAMATAN SULIKI    
1. Nagari Limbanang Yori Noviola 993
2. Kurai Beni Eka Putera 446
3. Sungai Rimbang Ilfandi Rahmat Tullahj, S.Pd 763
4. Andiang Gusfialdi 791
5. Tanjuang Bungo Yefriandi 382
6. Suliki Adri Yanto 805
IX KECAMATAN KAPUR IX    
1. Nagari Durian Tinggi Eko Susmadi 760
2. Sialang Rais 1.896
3. Koto Lamo Lisman 634
4. Koto Bangun Zarul Kasmi 1.451
5. Lubuak Alai Jhon Hendra 932
X KECAMATAN GUGUAK    
1. Nagari Kubang Heri Nelson 1.270
2. Simpang Sugiran Malkisran 531
XI KECAMATAN PANGKALAN KOTO BARU    
1. Nagari Tanjuang Balik Andi Altoni 463
2. Manggilang Drs. H. Noviardi, Apt 1.131
3. Gn. Malintang Wido Putra 2.056
4. Koto Alam Syahrial 584
5. Tanjuang Pauh Dalpen Aperta 718
XII KECAMATAN SITUJUAH LIMO NAGARI    
1. Nagari Situjuah Gadang Alfis 1.300
2. Situjuah Banda Dalam Lakon Siska 866
3. Situjuah Ladang Laweh Mawardi 570
XIII KECAMATAN LUAK    
1. Nagari Mungo M. Suhardi, Dt. Rajo Panghulu 1.725
2. Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang Nofrizal 1.151
3. Sungai Kamuyang Isral 1.528

 

132 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*