Kwartab Gelar Munas ke-10 dan Pulang Basamo IPPTAB Ke-3

Gubernur Sumbar saat menghadiri Munnas Kwartab ke 10.
Gubernur Sumbar saat menghadiri Munnas Kwartab ke 10.

Tanjung Balik, Editor.- Kerukunan WargaTanjung Balik (Kwartab) Kab. Solok melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) ke 10, sekaligus Pulang Basamo IPPTAB ke -3, bertempat di Lapangan Pasar Senen Nagari Tanjung Balik, Minggu (9/6).

Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Sumatera Barat, Prof.Dr.Ir.Irwan Prayitno, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin,SH, Ketua Umum DPP Kwartab, Prof. Dr. Ir.H.Nasfryzal Carlo, Camat X Koto Diatas, Teta Midra, Kepala SKPD di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Solok, Forkopimcam X koto Diatas, Wali Nagari Tanjung Balik, Zulhidin, para perantau dan masyarakat Nagari Tanjung Balik. 

Paka kesempatan tersebut, dalam sambutannya Gubernur Sumatera Barat : Prof,Dr ,Ir. Irwan Prayitno memberi apresiasi terhadap para perantau nagari tanjung balik yang sudah pulang ke kampung halaman untuk berkumpul sanak family. 

“Kekuatan ekonomi perantau sangat peran besar dalam membangun nagari. Para perantau diharapkan ikut berperan dalam membangun perekonomian masyarakat di kampung halaman. Kabupaten solok patut berbangga mempunyai nagari-nagari yang mempunyai ikatan perantau yang solid dan kompak,” kata gubernur.

Lebih lanjut dikatakannya, sinergi antara perantau dengan orang yang ada dinagari sangat diperlukan, singkirkan ego masing masing dalam membangun nagari. Jadikan momen ini sebagai ajang mempererat silaturrahmi antara perantau dengan masyarakt dikampung.

“Mengenai pembangunan sekolah SDIT dan pemindahan pasar nagari akan kita tindak lanjuti namun tentu melalui prosedur yang ada melalui musrembang dan APBD,” kata Irwan Prayitno menanggapi permintaan yang disampaikan oleh panitia pelaksana.

Sementara itu Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di kampung halaman kepada para perantau nagari Tanjung Balik.

“Peranan para perantau sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah sebagai mitra pemerintah dalam membangun nagari. Saya berharap Semoga kekompakan para perantau nagari tanjung balik akan terus terjaga dimasa yang akan datang. Peranan perantau sangat dibutuhkan dalam membangun perekonomian kampung halaman,” kata Yulfadri Nurdin.

Ikut memberi sambutan Ketua Umum Kwartab, Prof. Dr. Ir. H. Nasfryzal Carlo, M.sc yang juga mengucapkan terimkasih atas kedatangan Gubernur Sumbar dan Wakil Bupati Solok beserta rombongan di nagari Tanjung Balik. 

“Kwartab Nagari Tanjung Balik berdiri tahun 1991 dimana kwartab sampai saat ini sudah berumur 29 tahun. Tujuan dibentuknya Kwartab ini adalah untuk mempererat silaturrahim antara perantau dengan masyarakat dikampung halaman. Dalam kegiataan Munas Kwartab kali ini ada beberapa agenda yang akan kami laksanakan,Yaitu kegiatan kesenian anak nagari,lomba-lomba Tradisional anak nagari,tablik akbar,” jelasnya.

H. Nasfryzal Carlo juga berharap kepada Gubernur Sumbar dan  Wabup Solok untuk membangun SDIT di nagari tanjung balik dan penambahan guru. 

“Selain itu kami jugberharap adanya pemindahan pasar Tanjung Balik ke tempat yang baru, karena pasar saat ini ada dipinggir jalan yang apabila hari pasar membuat arus lalulintas ke nagari tetangga jadi terganggu,” harap H. Nasfryzal Carlo. ** Rhian\Doni\Hms 

490 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*