Kunjungi UPTD BBIP Teluk Buo di Painan,Indra: Target PAD dari DKP Sumbar Perlu Digenjot lagi

Logo-Portal-Copy
Logo-Portal-Copy

Painan, Editor.- Mendukung Pembangunan Kelautan dan Perikanan di Sumatera Barat, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Indra Dt Rj Lelo dan Anggota Komisi 3 memantau secara langsung progres perkembangan Instalasi BBIP Teluk Buo, yang berada di kawasan Sungai Nipah Nagari Painan Selatan Kec. IV Jurai Kab. Pesisir Selatan, Kamis (16/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Indra menyampaikan terimakasih atas kerja keras seluruh personil UPTD BBIP Teluk Buo yang berhasil melampaui target retribusi yang dibebankan.

Indra mengaku bangga, sebab UPTD BBIP Teluk Buo, yang berada dibawah wilayah tata kerja  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat mampu memberikan retrebusi hampir mendekati Rp400 ratusan juta. Ia mengatakan, capaian itu diapresiasi namun untuk tahun mendatang lebih ditingkatkan karena kebutuhan pendapatan sangat dibutuhkan untuk pembangunan Sumbar.

“Kita bersyukur dari beberapa UPTD-UPTD dilingkungan Dinas DKP Sumbar UPTD BBIP Teluk Buo  termasuk produktif selain memberikan bantuan benih gratis kepada kelompok pembudidaya, namun karena kebutuhan pembangunan retribusi mesti ditingkatkan,” ujar Indra didampingi Kepala Bidang Retribusi Dana Perimbangan dan Pendapatan Lain-lain Yusta Noverison, S.Kom, MM saat temu ramah di UPTD tersebut.

Di sisi lain, Indra yang juga DPW PAN Sumbar itu meminta DKP Sumbar mendorong  industrialisasi sehingga menggerakan UMKM untuk bisa berkembang. “Kadis Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar jangan cendrung bekerja kantoran saja, yang diharapkan program yang berpihak kepada kepentingan rakyat salah satunya mendorong industrialisasi di sektor perikananan dan kelautan dengan menggerakan UMKM,” ujarnya kepada media ini saat diwawancarai,

Indra mengungkapkan, dirinya mendesak Kadis DKP Sumbar dan jajarannya untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan menciptakan berbagai kerjasama, seperti pada pembudidaya ikan, serta pengolah ikan karena potensi Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar cukup luas dan perlu lebih dimanfaatkan secara maksimal lagi.

 

Selain itu Indra menyebutkan masyarakat nelayan sangat membutuhkan pendampingan dan fasilitas dukungan terhadap permodalan usaha untuk kelompok pedagang ikan. “Masyarakat nelayan membutuhkan penyuluhan dari Dinas DKP Sumbar, dengan adanya penuluhan dan penguatan kelompok nelayan, tentu berbagai program akan lebih terarah,” ujar Indra lagi.

Kunjungan Wakil Ketua DPRD Sumbar, Indra juga dalam rangka memberikan semangat UPT  setempat, meski masa pandemi perkembangan sektor perikanan dan kelautan di Sumbar tetap eksis untuk menjadi sumber PAD.

Pada kesempatan itu, selain Indra Dt Rj Lelo, anggota fraksi PAN turut hadir Wakil Ketua  Komisi 3, Ali Tanjung (Demokrat) dan Sekretaris Ismunandi Sofyan (Gerindra) dan anggota Komisi 3 lainnya yakni Hidayat, Rahmat Saleh dan Risda.

Dilain pihak, turut hadir Kabid Retribusi Dana Perimbangan dan Pendapatan Lain-lain dari Badan Keungan Daerah (Bakeuda) Sumbar didampingi staf.  **Agusmardi

44 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*