Kritsada Changpad Menjadi Tercepat Di Etape V

Pariaman, Editor.– Tour de Singkarak (TdS) 2016 yang digelar hingga memasuki etpe V, berlangsung ketat. Terbukti etape lima yang finis di Pantai Gondoriah, Pariaman, juaranya selalu bergantian. Pada etape terpanjang dengan jarak tempuh 153,1 km ini, Kritsada Changpad yang memperkuat Singha Infinite Cycling Team Singapura menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 03:38:44 unggul dua detik dari pebalap yang finis diurutan kedua, Samuel Volkersdari Data #3 Cisco Australia.

Pada etape sebelumnya, pemenangnya selalu bergantian. Etape pertama direbut Dylan Newberry dari Data#3 Cisco, etape kedua Rahim Emami dari Pishgaman Cycling Team, etape tiga dimenangi Ricardo Garcia dari Kinan Cycling Team dan etape empat direbut Amir Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team.

Meski belum ada pebalap yang dominan, untuk posisi pemimpinan klasemen atau pemegang yellow jersey hingga etape lima tetap dipegang oleh Amir Kolahdouz dari Pishgaman Cycling Team Iran dengan total catatan waktu 16:00:15. Pebalap asal Iran, dengan nomor satu ini tetap memegang green jersey maupun polkadot jersey.

“Hari ini kami memang menyimpan tenaga untuk mempertahankan jersey yang saatini sudah kami pegang. Makanya kami tidak berada didepan di etape ini,” kata Amir Kolahdouz usai perlombaan.

Sementara itu, persaingan di etape lima sudah telihat sejak awal perlombaan. Setelah dilepas di Pantai Carocok, semua pebalap langsung menyusuri jalan Pesisir Selatan yang memiliki karekteristik datar. Rombongan pebalap juga langsung terpecah.

Beberapa pebalap bisa melepaskan diri dan terus meninggalkan rombongan di belakangnya. Kondisi ini berlangsung hingga balapan memasuki titik king of mountain (KOI) di Bukit Lampu. Setelah itu, pebalap dihadapkan turunan hingga TelukBayur.

Memasuki Kota Padang, lintasan datar menyambut semua pebalap. Begitu juga dengan cuaca panas. Bisa dipastikan akan menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, pada etape-etape sebelumnya banyak pebalap terutama asing mengomentari panasnya cuaca di Indonesia.

Persaingan di etape lima ini terbilang ketat. Namun, banyak pula yang bermain aman guna menghadapi etape selanjutnya yang lebih berat. Mereka tetap berada di rombongan besar hingga masuk finis di Pantai Gondoriah, KotaPariaman. **Wisja/**

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*