KPU Kota Sawahlunto Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu Tahun 2024 Dengan Insan Pers

Ketua KPU Kota Sawahlunto Hamdani dalam keterangan Pers
Ketua KPU Kota Sawahlunto Hamdani dalam keterangan Pers

Sawahlunto, Editor.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, kepada Insan Pers di Ruang Rapat Kantor KPU Kota Sawahlunto, pada hari Sabtu (19/08/2023).

Diawali dengan Perkenalan dari masing-masing Komisioner KPU Kota Sawahlunto terpilih Periode 2023-2028 dan dilanjutkan dengan Sosialisasi terkait Tahapan Pemilu Tahun 2024 kepada Insan Pers se Kota Sawahlunto yang disampaikan oleh Ketua KPU Kota Sawahlunto Hamdani.

Ketua KPU Kota Sawahlunto Hamdani yang baru dilantik pada tanggal 26 Juli 2023 untuk Periode 2023 – 2028.

Adapun Anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Sawahlunto Periode 2023 – 2028 adalah sebagai berikut:

1. Hamdani, Jabatan Ketua KPU Kota Sawahlunto, Pengampu Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik,
2. Evildo Ramance, Jabatan Anggota, Pengampu Divisi Hukum dan Pengawasan,
3. Rebdori Armanyah, Jabatan Anggota, Pengampu Divisi Perencanaan, Data dan Informasi,
4. Rika Armenia, Jabatan Anggota, Pengampu Divisi Teknis Penyelenggaraan,
5. Roni Yandri, Jabatan Anggota, Pengampu Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia.

Hamdani melanjutkan dalam Sosialisasi ini menjelaskan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 70 Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, KPU Kota Sawahlunto mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kota Sawahlunto dan Persentase Keterwakilan Perempuan dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Berkenaan dengan hal tersebut, sesuai dengan ketentuan Pasal 71 Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, bahwa masyarakat dapat menyampaikan masukan dan tanggapan terhadap calon sementara Anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota yang tercantum dalam Daftar Calon Sementara (DCS) dari tanggal 19 – 28 Agustus 2023.

Ketua KPU Kota Sawahlunto mengatakan dari 17 Partai di Kota Sawahlunto, 15 Partai yang mengajukan Calon Anggota DPRD Kota Sawahlunto yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Buruh, Gelora, PKS, Hanura, PAN, PBB, Demokrat, PSI, PPP dan Ummat.

“Dari 15 Partai yang mengajukan Calon Anggota DPRD Kota Sawahlunto, 11 Partai mengajukan Perbaikan di Masa Perbaikan dan Pencermatan Daftar Calon Sementara (DCS), 4 Partai tidak mengajukan Perbaikan yaitu Partai PBB, Buruh, PSI, dan Gelora”, ujar Hamdani merinci

Selanjutnya Hamdani menyampaikan untuk masyarakat Kota Sawahlunto terkait dengan Ketentuan Pasal 71 Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, dapat memberikan masukan dan tanggapan terhadap Daftar Calon Sementara (DCS) kepada KPU Kota Sawahlunto melalui Website info Pemilu KPU di https://infopemilu.kpu.go.id, Kantor KPU Kota Sawahlunto, dan melalui email KPU Kota Sawahlunto yaitu https://kpusawahlunto@gmail.com dari tanggal 19 Agustus sampai 28 Agustus 2023.

Selain Tahapan Pencalonan, Ketua KPU Kota Sawahlunto menyampaikan juga dalam melaksanakan Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) untuk Pemilu 2024, ada 2 Kategori, yaitu (1) DPTb H-30, (2) DPTb H-7.

Ketua KPU Kota Sawahlunto Hamdani mengatakan bagi masyarakat atau pemilih yang pada hari H Pemilihan tidak bisa menggunakan Hak suaranya di TPS Terdaftar dapat mengurus Surat Keterangan Pindah Memilih dengan ketentuan: (1) Sampai H-30 dengan 9 ketentuan, (2) Sampai H-7 dengan 4 ketentuan.

“Pengurusan Pindah Pemilih dapat dilakukan ke Kantor KPU Kota/Kabupaten, PPK dan PPS”, katanya

KPU Kota Sawahlunto sedang melakukan Penyusunan Dana Hibah untuk Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, sebesar Rp. 13,6 Milyar

Namun Pemerintah Kota Sawahlunto hanya bisa menyanggupi Anggaran sebesar Rp. 10.7 milyar. Angka ini Relatif sama dengan Hibah Pilkada Tahun 2018. **Leo

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*