Kota Sawahlunto Ikuti Kontes Ternak dan Expo Peternakan Dalam Rangkaian PENAS KTNA Ke XVI

Wali Kota dan Kepala DKP3 Kota Sawahlunto mengunjungi Stand Pameran
Wali Kota dan Kepala DKP3 Kota Sawahlunto mengunjungi Stand Pameran

Sawahlunto, Editor.- Kota Sawahlunto mengikuti kegiatan Kontes Ternak dan Expo Peternakan dalam rangkaian Pekan Nasional (PENAS) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI di Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat pada 10 – 15 Juni 2023.

Sebagaimana diketahui, PENAS KTNA ke XVI Sumatera Barat (Sumbar) dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo yang diwakili Menko Perekonomian Airlangga Hartato secara daring yang terpusat di Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang (10/6/2023)

Peresmian ditandai dengan Pemukulan Gandang Tambua oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sumbar dan Ketum KTNA Nasional Sofyan Hadi

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto Henni Purwaningsih menyampaikan pada Kontes Ternak, Sawahlunto mengirimkan empat ekor ternak yaitu dua ekor kerbau dan dua ekor sapi.

Disebutkan Henni, untuk menentukan Performance dari Ternak tersebut antara lain dilihat dari nilai BCS (Body Conditioning Score) dan kondisi kesehatan ternak tersebut.

“Tujuan Kontes Ternak adalah terjaringnya ternak-ternak yang mempunyai Performance yang unggul sehingga otomatis akan menambah nilai jual ternak tersebut dan secara tidak langsung akan menambah pendapatan peternak yang ikut lomba,” ujar Henni menjelaskan.

“Ternak dari Sawahlunto yang lolos masuk nominasi tiga besar tersebut adalah Kerbau Jantan milik Yosep Rizal dari Desa Talawi Mudik, kemudian Kerbau Betina milik Nofri Joni Hendra dari Desa Salak. Setelah itu Sapi Bali Jantan milik Darul Taufik dari Desa Kolok Mudik, kemudian Sapi Pesisir Jantan milik Amirullah dari Desa Bukik Gadang,” ujar Henni merinci.

Sementara untuk kegiatan Expo Peternakan, Kota Sawahlunto akan menampilkan produk-produk Pangan asal Hewan yang dihasilkan oleh UMKM, dengan mengusung tema ‘Peningkatan Nilai Saing Komoditas Peternakan Melalui Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna dalam Upaya Mewujudkan Kemandirian Pangan’.

“Bahan pameran dari Sawahlunto adalah Pakan Ternak yaitu Rumput Unggul dan Rumput Fermentasi. Kemudian Olahan Pangan asal Hewan yaitu Rendang Daging, Rendang Olahan dan Dendeng Asap,” ujar Henni merinci.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengunjungi Stand Pameran Kota Sawahlunto tersebut usai mengikuti Pembukaan Pekan Nasional (PENAS) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI, pada Sabtu 10 Juni 2023. **Leo

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*